Jakarta meraih Sustainable Transport Award 2021, penghargaan apa itu?

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 22:20 WIB Sumber: Kompas.com
Jakarta meraih Sustainable Transport Award 2021, penghargaan apa itu?


TRANSPORTASI -  JAKARTA. Untuk pertama kalinya, Jakarta sukses meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021. Kesuksesan itu didapatkan berkat program integrasi antar-moda transportasi publik yang ambisius selama beberapa tahun terakhir.

Penghargaan itu juga merupakan yang pertama untuk kawasan Asia Tenggara.

Lantas, apa itu Sustainable Transport Award?

Dilansir dari laman resminya, STA merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota dengan proyek transportasi berkelanjutan dan inovatif.

Tahun ini, jumlah kota yang ikut bersaing dalam penghargaan ini tertinggi dalam sejarah penyelenggaraannya. Pemenang dari STA dipilih oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan Komite Pernghargaan Transportasi Berkelanjutan yang terdiri dari berbagai organisasi.

Baca Juga: Libur, pergerakan penumpang Bandara Soetta capai rekor tertinggi selama pandemi

ITDP bekerja dengan kota-kota di seluruh dunia untuk menghasilkan solusi transportasi demi mengurangi emisi gas rumah kaca, kemiskinan, dan meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan.

Kota-kota di seluruh dunia, terutama di negara berkembang, melibatkan ITDP untuk memberikan nasihat teknis dalam meningkatkan sistem transportasi mereka.

ITDP menggunakan pengetahuannya untuk mempengaruhi kebijakan dan meningkatkan kesadaran secara global tentang peran transportasi berkelanjutan dalam menangani emisi gas rumah kaca, kemiskinan dan ketidaksetaraan sosial.

Moda angkutan

Tahun lalu, Kota Pune, India sukses meraih penghargaan ini. Pune merupakan kota dengan populasi lebih dari 3,5 juta orang yang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat.

Pune memenangkan STA karena komitmennya yang semakin cepat terhadap semua moda angkutan yang berkelanjutan, terutama dengan pertumbuhan yang signifikan dalam infrastruktur pejalan kaki.

Pada 2015, kota ini meluncurkan sistem Rainbow Bus Rapid Transit (BRT) yang memiliki memiliki fitur desain berkualitas tinggi dan praktik terbaik dan sukses menarik minat penggunanya dari mode transportasi lain.

Sebelum Pune, Kota Fortaleza, Brazil juga sukses meraih penghargaan itu. Kota ini telah menerapkan praktik yang baik di jalan mereka sejak 2014, termasuk pembagian ruang jalan yang adil.

Selain itu, Fortaleza juga sukses mengurangi CO2 serta meningkatkan keselamatan jalan raya dengan memprioritaskan transportasi umum, bersepeda, dan berjalan kaki.

Berikut daftar lengkapnya dalam sepuluh tahun terakhir:

2020: Pune, India
2019: Fortaleza, Brazil
2018: Dar es Salaam, Tanzania
2017: Santiago, Chili
2016: Yichang, Tiongkok
2015: Belo Horizonte, Rio de Janeiro, dan Sao Paulo, Brazil
2014: Buenos Aires, Argentina
2013: Kota Meksiko, Meksiko
2012: San Francisco, AS
2012: Medellin, Kolombia
2011: Guanzhou, China
2010: Ahmedabad, India

Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Sari Hardiyanto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarta Raih Sustainable Transport Award 2021, Apa Itu?".

 

Selanjutnya: Cisauk Point: Konsep TOD terintegrasi sistem transportasi massal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru