Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan Menjadi 30 Menit

Selasa, 04 Oktober 2022 | 20:28 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Pangkas Waktu Tempuh Perjalanan Menjadi 30 Menit

ILUSTRASI. Hutama Karya sebut Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang pangkas waktu tempuh perjalanan menjadi 30 menit


JALAN TOL - JAKARTA. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) telah melakukan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 Km. Jalan Tol tersebut memiliki peran dan berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Pulau Sumatera dan sekitarnya lantaran mampu menghemat waktu tempuh menjadi hanya 30 menit. 

Dalam keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (4/10), jalan Tol ini menjadi bagian dari koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Saat ini tol tersebut memasuki progres konstruksi mencapai 84,42%. Sementara khusus untuk Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang – Exit Tol Bangkinang) sepanjang 30,7 Km telah selesai konstruksinya dan siap beroperasi.

Baca Juga: Hutama Karya Berupaya Tertibkan Kendaraan ODOL Sejak Pintu Masuk Awal JTTS

Kehadiran Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang akan memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi hanya 30 menit perjalanan dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 km/jam.

Sebagai informasi, jika berkendara menggunakan Jalan Nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit lamanya.

Lebih lanjut, Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang dikelola oleh PT Hutama Karya rencananya akan menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Hutama Karya (HK) Akan Divestasi 3 Ruas Jalan Tol, Perkiraan Nilainya Rp 34 Triliun

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang juga telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik lebaran lalu mendukung masyarakat Riau yang akan mudik dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya. 

Adapun Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan bagian ruas Tol Pekanbaru - Padang yang membentang sepanjang 254 km sehingga dapat menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antar wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru