Peristiwa

Kementan Tawarkan 1.136 Lowongan Kerja di Job Fair Pasuruan 2024

Jumat, 25 Oktober 2024 | 12:35 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan Tawarkan 1.136 Lowongan Kerja di Job Fair Pasuruan 2024

ILUSTRASI. Sebanyak 97 posisi pekerjaan, termasuk delapan posisi di luar negeri, ditawarkan pada Job Fair 2024.


KETENAGAKERJAAN - JAKARTA. Sebanyak 97 posisi pekerjaan, termasuk delapan posisi di luar negeri, ditawarkan pada Job Fair 2024 yang diadakan di Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan ini menyediakan 1.136 lowongan dan diikuti oleh lebih dari 2.700 pelamar, mayoritas alumni Polbangtan Malang dan masyarakat umum.

Job Fair ini menghadirkan 28 booth dari 24 perusahaan swasta, dua perusahaan binaan Polbangtan Malang, serta dua unit pelaksana teknis (UPT) dari Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan. 

Baca Juga: Tak Asal Kirim Lamaran, Ini Hari dan Jam yang Tepat untuk Kirim Lamaran Kerja

Acara ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, serta UPT BLK Pasuruan, dengan inisiatif dari Polbangtan Malang sebagai bagian dari Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, Sigit Priyanto, menekankan bahwa tujuan utama Job Fair ini adalah menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di wilayah Jawa Timur. 

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan informasi aktual tentang peluang kerja dan mempercepat proses penempatan tenaga kerja.

Job fair ini tidak hanya fokus pada sektor pertanian, tetapi juga menawarkan lowongan di sektor lain seperti manufaktur, konstruksi, perawat lansia, pengolahan makanan, perhotelan, dan perikanan. Delapan posisi untuk pekerjaan di luar negeri juga ditawarkan.

Baca Juga: Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus, Ini 10 Tips yang Bisa Dipakai Fresh Graduate

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur, Purwanti Utami, mengapresiasi skala besar acara ini yang melibatkan 24 perusahaan, jauh lebih banyak dibandingkan job fair sebelumnya yang hanya diikuti sekitar 10 perusahaan.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana, menyambut baik kolaborasi dengan Disnakertrans dan BLK Pasuruan. "Kami berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat, terutama alumni Polbangtan, dalam mencari pekerjaan yang sesuai," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (25/10).

Selain itu, Acep Hariri, Project Manager Program YESS Jawa Timur, menyoroti bahwa Job Fair ini tidak hanya membuka peluang kerja, tetapi juga menampilkan produk-produk pertanian dari penerima manfaat Program YESS di wilayah Pasuruan. 

Baca Juga: Lewat Job Fair 2024, Kementan Fasilitasi Pencari Kerja Bangun Karier Agribisnis

Ia berharap acara ini dapat menjadi jembatan antara pencari kerja dan perusahaan serta meningkatkan kesempatan kerja di Jawa Timur.

Job Fair 2024 mencerminkan komitmen bersama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan lapangan kerja yang lebih luas dan beragam.

Selanjutnya: Cara Hapus Akun WhatsApp Permanen untuk Pengguna iPhone dan Android

Menarik Dibaca: 25 Ucapan Hari Penerbangan Nasional 2024 yang Diperingati Setiap 27 Oktober

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli
Terbaru