CLOSE [X]

Jokowi dan Iriana Akan Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Sumatera Barat

Selasa, 21 Mei 2024 | 07:51 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi dan Iriana Akan Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Sumatera Barat

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi memasuki pesawat .


JOKOWI - PADANG. Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) untuk meninjau langsung lokasi bencana banjir bandang pada Selasa (21/5/2024).

Kepala Negara dan Ibu Negara berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 06.30 WIB.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Respons Cepat atas Banjir Lahar Dingin di Sumatra Barat

Presiden Jokowi nantinya dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan langsung menuju salah satu lokasi terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Agam dengan berkendara mobil.

Selepas itu, Presiden Jokowi akan menuju Lapangan Batu Taba, Kabupaten Agam untuk meninjau posko tanggap darurat sekaligus menyerahkan santunan duka dan bantuan bagi keluarga korban terdampak bencana.

Pada siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali menuju Bandara Internasional Minangkabau untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Sumatra Barat yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Plt. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Untuk diketahui, banjir bandang lahar dingin melanda wilayah Sumatra Barat pada 11 Mei lalu. Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu Gunung Marapi.

Baca Juga: Banjir Bandang Sumbar, Pertamina Pastikan Ketersediaan Pasokan Energi

Empat kabupaten terdampak cukup parah akibat kejadian ini antara lain Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Panjang, dan Kabupaten Padang Pariaman. Akibat bencana ini tercatat ada 61 orang meninggal dunia.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih ada 14 orang hang dilaporkan hilang dan hingga kini masih dalam pencarian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bertolak ke Sumbar, Jokowi dan Iriana Akan Tinjau Lokasi Banjir Bandang "

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru