Jokowi Meresmikan 24 Ruas Jalan di Kalbar, Telan Dana Rp 648,15 Miliar

Kamis, 21 Maret 2024 | 02:48 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Jokowi Meresmikan 24 Ruas Jalan di Kalbar, Telan Dana Rp 648,15 Miliar

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meresmikan 24 Ruas Jalan yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kalimantan Barat (Kalbar). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


AGENDA PRESIDEN - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan 24 Ruas Jalan yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kalimantan Barat (Kalbar).

“Pada hari ini akan kita resmikan 24 ruas jalan di provinsi Kalimantan Barat yang menghabiskan anggaran Rp 648,15 miliar sepanjang 165,13 km.  Salah satunya yang kita lihat pada sore hari ini. Diharapkan setelah yang 2023 selesai, kemudian dilanjutkan lagi di 2024,” ujar Presiden Joko Widodo dalam peresmian Ruas Jalan di ruas Pasir Panjang-Parit Kedaung Mempawah, Kalimantan Barat pada Rabu (20/3/2024).

Mengutip Infopublik.id, dengan terlaksananya IJD hingga ke jalan-jalan antar Kabupaten itu, Presiden Jokowi berharap semakin mudahnya mobilitas barang dan jasa dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Kita harapkan jalan-jalan yang rusak semuanya sudah bisa kita perbaiki, sehingga mobilitas orang dan barang, serta logistik yang melalui jalan-jalan ini semuanya bisa serba cepat dan menjadikan barang-barang yang ada lebih murah dan kompetitif,” ujar Jokowi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menerangkan, pada Tahun Anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun untuk pelaksanaan IJD secara nasional untuk penanganan 2.873 kilometer jalan daerah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Singkawang di Kalimantan Barat

“Saat ini, IJD 2023 sudah dalam masa pemanfaatan masyarakat. Sehingga harapannya setelah diselesaikan itu konektivitas semakin bagus, bisa menekan harga barang dan bisa membuat produk-produk masyarakat menjadi lebih kompetitif di pasar,” terang Hedy.

Sejalan dengan Dirjen Bina Marga, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalimantan Barat Handiyana menambahkan bahwa pelaksanaan IJD di Provinsi Kalimantan Barat pada 2023 ini tersebar di 11 Kabupaten dan Kota diantaranya daerah Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Ketapang, Kubu Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Kota Singkawang, dan Kabupaten Sambas.

Baca Juga: Jokowi Sebut Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery Mempawah Selesai Juni 2024

“Untuk IJD 2024 akan dilakukan penanganan terhadap ruas-ruas jalan daerah di Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini sedang dalam proses persiapan pelaksanaan. Kementerian PUPR tentu berharap agar ruas jalan yang telah selesai bisa bermanfaat sehingga pergerakan masyarakat bisa semakin mudah dan lancar,” tambah Handiyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru