Jokowi Pantau Harga Pangan di Pasar Baru Karawang

Rabu, 08 Mei 2024 | 16:32 WIB   Reporter: Handoyo
Jokowi Pantau Harga Pangan di Pasar Baru Karawang

ILUSTRASI. Presiden Jokowi menilai harga sejumlah bahan pokok di pasar masih dalam keadaan baik


JOKOWI - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung stok dan harga sejumlah bahan pangan yang ada di Pasar Baru, Karawang, Jawa Barat, Rabu (08/05). Menurut Presiden, harga sejumlah bahan pokok di pasar masih dalam keadaan baik.

“Saya kira harganya baik. Artinya dari angka inflasi juga akan turun kan di bulan yang kemarin ya,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai peninjauan.

Bahkan, Presiden menyebut harga sejumlah bahan pokok mengalami penurunan. Mulai dari bawang merah yang berada di harga Rp45.000 per kilogram (Kg), hingga bawang putih yang berada di kisaran harga Rp38.000–Rp40.000 per Kg.

“Kemudian beras lokal dengan harga Rp12.000 sampai Rp13.000,” ungkap Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tetap Sesuai Jadwal

Terkait ketersediaan, Presiden juga mengatakan bahwa saat ini stok beras yang ada di Bulog sudah mencukupi yaitu sekitar 1,6 juta ton. Stok tersebut menurut Presiden sudah lebih dari rata-rata.

“Kalau stok di Bulog sendiri sekarang ada 1,6 juta yang biasanya kita stok itu hanya maksimal biasanya hanya 1,2 (juta) atau yang sering itu di bawah 1,2 (juta) rata-rata stok kita. Ini 1,6 (juta) stok di Bulog,” ucap Presiden.

Presiden pun mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dalam rangka mencegah musim kemarau, di antaranya dengan membangun dan membuat sejumlah sumur pompa di daerah yang mengalami kekurangan air.

“Terutama di titik-titik yang berkaitan dengan pertanian dengan beras itu mulai oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian PU,” tutur Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru