Kawah dua Gunung Karangetang keluarkan asap dan gas kuat

Kamis, 14 Februari 2019 | 13:56 WIB   Reporter: kompas.com
Kawah dua Gunung Karangetang keluarkan asap dan gas kuat


GUNUNG - MANADO. Kawah dua Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mengeluarkan asap putih dan gas dengan tekanan kuat tingginya mencapai 150 meter. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang Yudia Prama Tatipang mengatakan, secara visual, gunung jelas. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 400 meter di atas puncak kawah. 

"Sedangkan visual dari Kampung Lai, Kecamatan Siau Tengah, teramati dari kawah dua juga mengeluarkan asap putih sedang tekanan gas agak kuat dengan tinggi lebih kurang 50-150 meter," ujarnya seperti dikutip dari rilis tertulis, Kamis (14/2) pukul 12.24 Wita. 

Lanjut dia, luncuran lava tampak di lereng utara tubuh gunung. "Itu ditandai dengan kepulan asap kelabu," kata Yudia. Ia menambahkan, gempa tremor terjadi terus menerus (microtremor), terekam dengan amplitudo 0,25 milimeter (dominan 0,25 milimeter). 

"Tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih tetap level III atau siaga," sebut Yudia. Terkait hal ini, kata Yudia, pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi. 

Warga dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, melakukan pendakian, dan beraktivitas di dalam zona bahaya, yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua alias kawah utara dan kawah utama alias selatan serta area perluasan sektoral dari kawah dua ke arah barat-barat laut sejauh 3 kilometer dan ke arah barat laut-utara sejauh 4 kilometer. 

Warga di sekitar Gunung Karangetang yang berada di area barat laut-utara dari kawah dua, di antaranya Kampung Niambangeng, Beba dan Batubulan agar dievakuasi ke tempat yang aman dari ancaman guguran lava atau awan panas guguran Gunung Karangetang yaitu di luar zona bahaya tersebut di poin satu. 

Warga di sekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu. 

Warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai. (Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kawah Dua Gunung Karangetang Keluarkan Asap dan Gas Kuat, Tinggi sampai 150 Meter"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru