Umum

Kemenag Gelar Lomba Pidato, Total Hadiahnya Sampai Rp 100 Juta

Jumat, 05 Juli 2024 | 13:22 WIB   Reporter: Handoyo
Kemenag Gelar Lomba Pidato, Total Hadiahnya Sampai Rp 100 Juta

ILUSTRASI. Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menggelar Kompetisi Pidato Nasional (KPN) 2024


KEMENTERIAN AGAMA - JAKARTA. Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menggelar Kompetisi Pidato Nasional (KPN) 2024. Tema yang diusung mencakup moderasi beragama, nilai-nilai Pancasila, toleransi, dan nilai-nilai moral.

KPN bertujuan untuk menanamkan rasa persatuan dan penghormatan terhadap keragaman yang ada di Indonesia. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap KPN 2024. 

“Kompetisi ini menjadi wahana baru untuk mempromosikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan moderasi beragama di kalangan generasi muda Indonesia,” ungkapnya melalui pesan singkat, Kamis (4/7/2024).

KPN terbuka bagi siswa madrasah, pesantren, maupun sekolah jenjang Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat, Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya, Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya, Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Ulya, dan Sekolah Menengah Atas Keagamaan lainnya.

Baca Juga: Jemaah Diminta Patuhi Larangan Berfoto dengan Simbol dan Bendera di Masjid Nabawi

Acara ini diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta dan Piala Bergilir Menteri Agama Republik Indonesia. 

Untuk mengikuti KPN, ada tiga tahapan yang harus dilalui. Pertama, seleksi administrasi dan penilaian konten video (17-19 Juli 2024). 

Kedua, babak eliminasi yang dilakukan secara online melalui platform Zoom pada 25-28 Juli 2024. Ketiga, grand final yang diadakan secara offline (tatap muka) pada 9-11 Agustus 2024.

“Menjadikan Pancasila dan moderasi beragama sebagai landasan utama penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang toleran, berpikir kritis, dan mampu menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat,” harap Abu Rokhmad.

Direktur KSKK Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto, mengajak seluruh anak muda Indonesia untuk bergabung dalam KPN 2024. 

“Ayo tunjukkan bakat dan kemampuan kalian di panggung nasional, ekspresikan pemikiran, aspirasi, dan ide-ide cemerlang yang dapat membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara,” ajaknya.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata di Indonesia Timur dengan Rute Baru Transnusa di tiket.com

“Saya percaya bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam membangun masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh anak muda dari madrasah, pesantren, maupun sekolah di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kompetisi ini,” ujarnya.

Menurut Sidik, KPN bisa menjadi ajang bagi para siswa untuk menunjukkan bahwa Indonesia memiliki generasi yang kompeten, cerdas, dan penuh dedikasi dalam menjaga kedamaian, memupuk rasa toleransi, dan saling menghormati satu sama lain. Generasi muda ini berasal dari berbagai latar belakang agama dan budaya yang berbeda.

“Jangan lewatkan kesempatan berharga ini. Ayo, tunjukkan bakat dan kemampuan kalian di panggung nasional dengan semangat Pancasila dan moderasi beragama!” tutup Sidik.

Informasi seputar pendaftaran peserta Kompetisi Pidato Nasional dapat diakses secara online melalui laman madrasah.kemenag.go.id/kpn2024 sejak tanggal 4-16 Juli 2024. Jangan sampai ketinggalan ya! (Bahtiar)

Selanjutnya: Kolaborasi dengan PUPR, NHRI Kembangkan Teknologi Manajemen Keamanan Jatigede

Menarik Dibaca: Vero Soroti Tren Belanja Luxury di Asia Tenggara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .
Tag

Terbaru