Kemenhub Luluskan 830 Taruna yang Siap Hadapi Tantangan Transportasi

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 19:55 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kemenhub Luluskan 830 Taruna yang Siap Hadapi Tantangan Transportasi

Para taruna Kementerian Perhubungan merayakan kelulusan mereka di Kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Bekasi dengan menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (27/8/2022).  


KONTAN.CO.ID -  BEKASI. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melantik 830 taruna di  kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (27/8).

Wisudawan yang dilantik merupakan para perwira transportasi darat dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang sebanyak 23 orang, Sarjana Terapan Transportasi Darat sebanyak 331 orang, Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 381 orang, dan Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Perkeretaapian sebanyak 95 orang.

Inspektur Jenderal Kemehub, I Gede Pasek, yang melantik para wisudawan mengatakan, pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan Indonesia di masa depan.

"Kemajuan dan perkembangan teknologi akan bertumpu pada Sumber Daya Manusia dengan pemanfaatan teknologi yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi sehingga dapat meminimalisir kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari”, ungkap ujar Pasek dalam siaran pers, Sabtu (27/8).

Baca Juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub 2022 Diperpanjang, Cek Lagi Persyaratannya

Ia menyampaikan bahwa PTDI - STTD memiliki peran sangat penting dalam penyediaan dan peningkatan kualitas SDM Perhubungan yang adaptif dan kompetitif sehingga siap menghadapi era society 5.0.

Menurutnya, tenaga profesional muda sangat dibutuhkan Kemenhub dan Pemerintah Daerah dalam rangka regenerasi angkatan kerja dan untuk mendorong percepatan pembangunan, pemerataan dan penguasaan teknologi tepat guna terbaru yang berjenjang dari pusat ke daerah agar tercipta sinergitas yang baik demi kemajuan transportasi khususnya transportasi darat dan perkeretaapian.

Sebagaimana arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bahwa SDM merupakan kunci dalam kemajuan transportasi, sehingga lembaga pendidikan transportasi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa depan. 

Ia berpesan kepada para wisudawan sebagai insan transportasi harus terus meningkatkan kompetensi, kemampuan, sikap mental, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu memberikan pelayanan  yang terbaik kepada masyarakat serta dapat mendukung terciptanya insan perhubungan yang andal.

Kampus di lingkungan BPSDMP khususnya PTDI-STTD merupakan pendidikan vokasi yang tidak hanya meningkatkan kualitas lulusan melalui pendidikan dan pelatihan akademis, tetapi juga membina karakter untuk menciptakan SDM unggul. 

Baca Juga: Jelang Penutupan, Simak Daftar Terbaru 5 Sekolah Kedinasan Terfavorit 2022

Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani, menambahkan bahwa terdapat empat wisudawan terbaik dari masing-masing Program Studi.

Mereka adalah  Taruna Parman dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,70, Taruni Ni Luh Gede Yustia dari Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan yang meraih IPK sebesar 3,81, Taruni Anita Dwi Martini dari Prodi DIII-Manajemen Transportasi Jalan yang meraih IPK sebesar 3,78 dan Taruna Dida Wanapati dari Prodi D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian dengan nilai IPK 3,68.

“Kegiatan wisuda ini dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan dihadiri para tamu undangan dan dihadiri oleh para orang tua wisudawan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru