Kementan: Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Pertanian Sangat Penting

Senin, 07 November 2022 | 18:29 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan: Peran Generasi Muda dalam Pengembangan Pertanian Sangat Penting

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Polbangtan Bogor dilanjutkan pemberian penghargaan bagi mahasiswa Jurusan Peternakan oleh Kajur Arif Nindyo Kisworo (kiri) dilanjutkan aneka kegiatan lomba


PERTANIAN -  JAKARTA. Peran pemuda dalam pengembangan pertanian sangat penting.

Manfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda, Jurusan Peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kemetnerian Pertanian (Kementan) mengadakan aneka kegiatan. Salah satunya Polbangtan Bogor.

Upaya tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo terhadap Polbangtan bahwa menyampaikan setiap inovasi yang dihasilkan merupakan potensi masa depan untuk membuka lapangan pekerjaan.

"Generasi Z juga harus bisa mengikuti perkembangan dari zaman, harus berani menjadi petani yang modern atau mendirikan start-up pertanian,” katanya.

Baca Juga: Kementan Jalin Kerjasama dengan Korea Selatan untuk Tingkatkan Produkvitas Pertanian

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menilai peranan pemuda sangatlah penting, terutama dalam pembangunan pertanian ke depan.

Pemuda merupakan generasi masa kini yang wajib meneruskan perjuangan para petani Indonesia.

"Kami harapkan peran petani milenial juga menginspirasi generasi lainnya untuk terjun ke sektor pertanian. Kita harus mengajak anak muda terjun ke pertanian dengan semangat inovasi yang mereka miliki," katanya dalam siaran pers, Senin (7/11).

Dedi Nursyamsi mengingatkan negara besar seperti Amerika dan China bisa maju pertaniannya karena SDM-nya bangkit.

Direktur Polbangtan Bogor, Detia Tri Yunandar menambahkan sejarah lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Baca Juga: Meski Yakin Tak Akan Resesi Pangan, Bapanas Tetap Minta Pemerintah Waspada

Kepala Jurusan Peternakan, Arif Nindyo Kisworo mengatakan Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak utama sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

“Semangat juang pemuda pada era itu patut kita kobarkan di era modernisasi dimana pemuda kian menjauh dari kewajibannya sebagai rakyat Republik Indonesia,” katanya.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor memiliki cara sendiri memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sebanyak 280 mahasiswa dari Prodi PPKH dan Keswan melaksanakan perlombaan Pemuda Juara dan Karikatur serta Diksi Malam Pemuda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru