Kementerian PUPR Resmikan Penataan Kawasan Umbul Jumprit

Senin, 23 Januari 2023 | 10:00 WIB   Reporter: Lailatul Anisah
Kementerian PUPR Resmikan Penataan Kawasan Umbul Jumprit


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Penuhi kebutuhan air baku di Temanggung, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmikan penataan kawasan Umbul Jumprit dan pembangunan prasarana air baku Umbul Jumprit. 

"Kementerian PUPR di bawah koordinasi Komisi V DPR RI, telah menyelesaikan pembangunan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Temanggung. Ini semua merupakan hasil kerja keras bersama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Temanggung, mudah-mudahan semua menjadi barokah,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Minggu (22/1). 

Menteri Basuki berpesan kepada seluruh pihak, supaya tetap memperhatikan pemeliharaan infrastruktur yang sudah selesai dibangun. Menteri Basuki juga memastikan akan membuat sistem penyediaan air baku yang baik untuk desa - desa sekitar setelah prasarana air baku di Umbul Jumprit rampung dibersihkan. 

"Nanti kalau sudah selesai, pipa-pipa yang berserakan dibersihkan, selain itu kalau ada masyarakat yang berwisata, dapat menikmati alam yang lebih baik. Kemudian, jalan juga sudah ditata dan dilebarkan supaya perjalanan menjadi lebih nyaman,” jelas Menteri Basuki.

Baca Juga: Jasamarga Metropolitan Tollroad Berlakukan Contraflow Jalan Tol Ruas Jagorawi

Untuk diketahui, pembangunan Prasarana Air Baku Umbul Jumprit memanfaatkan sumber mata air Umbul Jumprit untuk memenuhi kebutuhan air baku di 4 desa di Kecamatan Candiroto dan 6 desa di Kecamatan Ngadirejo dengan debit 50 liter/ detik yang akan dialirkan melalui pipa transmisi sepanjang 18,142 km untuk 26.800 jiwa.

Penataan Kawasan Umbul Jumprit dilaksanakan sejak Mei hingga September 2022 di atas lahan seluas 6.100 m2, dengan luas bangunan 300 m2, diharapkan dapat mendorong perkembangan wisata religi dan meningkatkan kenyamanan pengunjung wisata selama berziarah.

Selain meresmikan penataan kawasan Umbul Jumprit dan Pembangunan Prasarana Air Baku turut diresmikan pula pembangunan infrastruktur pelebaran jalan Ngadirejo - Jumpit dan Pembangunan Rumah Susun Pondok Pesantren Ridho Allah. 

Pelebaran Jalan Ngadirejo - Jumprit dilaksanakan pada November hingga Desember 2022. Kemudian, untuk Pembangunan Rumah Susun Pondok Pesantren Ridho Allah dilaksanakan sejak Agustus hingga Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru