Kementerian PUPR sertifikasi 717 tenagakerja konstruksi di proyek jalan tol Sumatra

Kamis, 20 September 2018 | 19:10 WIB   Reporter: Handoyo
Kementerian PUPR sertifikasi 717 tenagakerja konstruksi di proyek jalan tol Sumatra

ILUSTRASI. Sertifikasi tenaga kerja konstruksi


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur melalui pengembangan SDM, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi. 

Salah satunya yaitu percepatan uji sertifikasi pada proyek jalan tol trans Sumatera di wilayah provinsi Sumatra Selatan & provinsi Lampung, yang dilaksanakan Rabu (19/10) di Provinsi Lampung. 

Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Kementerian PUPR, Ober Gultom mengatakan, selain untuk meregistrasi dan mensertifikasi seluruh Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) terampil, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen para pengguna dan penyedia jasa tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat.

“Tenaga kerja bersertifikat akan memberikan jaminan kualitas dan ketepatan pada pengerjaan proyek-proyek Infrastruktur. Jadi tidak hanya cepat tapi juga aman” ujar Ober Gultom, dalam siaran persnya, Kamis (20/9).
 
Sektor konstruksi di Indonesia diperkirakan bernilai Rp 446 triliun atau menyumbang sekitar 14,3% dari PDB Indonesia. Setidaknya dari setiap Rp 1 triliun pembangunan infrastruktur dibutuhkan sekitar 14.000 tenaga kerja. 

Sementara jumlah tenaga kerja yang tersertifikasi hingga saat ini baru sekitar 470.000 orang, dari total sebanyak 7,7 juta tenaga kerja konstruksi. Untuk itu percepatan sertifikasi harus didukung oleh seluruh stakeholders konstruksi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru