Kementerian PUPR Targetkan Proyek PSN Bendungan Lau Simeme di Sumut Rampung 2023

Kamis, 13 Oktober 2022 | 11:51 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Kementerian PUPR Targetkan Proyek PSN Bendungan Lau Simeme di Sumut Rampung 2023

ILUSTRASI. Bendungan Sukamahi. Kementerian PUPR Targetkan Proyek PSN Bendungan Lau Simeme di Sumut Rampung 2023.


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyelesaian salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditetapkan Presiden Joko Widodo yakni pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Progress konstruksi pembangunan Bendungan Lau Simeme telah mencapai 62,71%. Targetnya akan segera rampung di tahun 2023 mendatang. 

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta m3 ini dibangun untuk menunjang pemenuhan kebutuhan air baku di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang sebesar 3.000 liter/detik. 

Baca Juga: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Infrastruktur di KIT Batang

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. 

"Di samping itu kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal," kata Menteri Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (13/10). 

Kepala BWS Sumatera II Mohammad Firman mengatakan, saat ini total progres konstruksi Bendungan Lau Simeme sudah sebesar 62.71%, dengan progres masing-masing untuk terowongan pengelak sudah 100%, pelimpah dan intake sudah 86,05%, dan tubuh bendungan (main dam) sebesar 4,5%. 

Baca Juga: PUPR Lakukan Penilaian Kualitas Layanan di Sepanjang Ruas Jalan Tol Pekanbaru – Dumai

"Ditargetkan seluruhnya dapat rampung pada akhir 2023 dan setelah itu dapat dimulai pengisian air (impounding)," kata Firman. 

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Bendungan Lau Simeme mulai dikerjakan pada tahun 2017 dengan biaya sekitar Rp 1,3 triliun.

Bendungan Lau Simeme didesain dengan tipe zonal timbunan batu yang memiliki tinggi 69,50 meter dari sungai, panjang puncak bendungan 205 meter dengan luas area genangan 125,84 hektar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru