Peristiwa

Ketika para cowboy beraksi untuk berjualan hewan kurban

Senin, 29 Juli 2019 | 09:51 WIB Sumber: Kompas.com
Ketika para cowboy beraksi untuk berjualan hewan kurban

KONTAN.CO.ID - CIANJUR. Sebuah tempat penjualan hewan kurban di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengusung konsep yang unik dan kreatif.

Jika biasanya penataan tempat jualan hewan terkesan alakadarnya, di tempat penjualan sapi yang diberi nama Gapura Kurban yang berlokasi di Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur ini menyajikan nuansa yang berbeda.

Nuansa yang dimaksud adalah suasana “wild wild west” lengkap dengan para sales promotion boy (SPB) yang mengenakan kostum koboi (cowboy).

Selain tak lepas dari topi khasnya, mereka juga mengenakan aksesoris berupa rompi dan sepatu boot ala koboi Amerika.

Agar lebih mengentalkan rasa koboi, ornamen yang dipajang pun sangat identik, seperti meja bar, tong-tong dari kayu, bangunan berdinding jerami dan alunan musik country.

Selain sebagai bagian dari strategi marketing, pihaknya ingin menghilangkan kesan bahwa tempat jualan hewan kurban kotor dan jorok.

“Jadi, kita ingin ikonik saja, meski tentunya ada imbas pada tingkat penjualan juga,” kata Rahmat kepada Kompas.com, Minggu (28/7).

Diharapkan, para pengunjung atau calon pembeli yang datang ke Gapura Kurban merasa nyaman dan pada akhirnya membeli hewan kurban jualannya.

“Karena itu, selain soal penampilan kita, penampilan hewan-hewan ini tentunya jadi perhatian utama. Penampilan dan kondisi kesehatannya benar-benar kita jaga, rawat dan perhatikan,” ujarnya.

Rahmat menjamin hewan-hewan kurban yang diperjualbelikannya bersertifikat dan telah lolos pemeriksaan medis dari dinas terkait setempat.

“Pastinya harga jual stabil. Kita juga punya beberapa keunggulan, selain biaya pemeliharaan gratis, kesehatan gratis, termasuk tidak ada biaya antar, juga (pembelian) bisa diangsur,” ungkapnya.

Harga hewan kurban yang diperjualbelikan di sini bervarisi. Untuk hewan kurban domba harga minimal dibanderol Rp 2,5 juta, sedangkan harga jual untuk sapi mulai dari kisaran Rp 20 juta hingga Rp 30 juta. (Firman Taufiqurrahman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Para Koboi Jajakan Hewan Kurban..."

Editor: Yoyok
Tag


Terbaru