Ketua DPRD DKI Beberkan Penyebab Formula E Belum Ada Sponsor

Kamis, 03 Februari 2022 | 23:00 WIB Sumber: Kompas.com
Ketua DPRD DKI Beberkan Penyebab Formula E Belum Ada Sponsor

ILUSTRASI. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menilai, Formula E Jakarta hingga kini tak diminati investor karena para investor tak ingin terlibat dalam kegaduhan politik yang terjadi.

Menurut dia, Formula E adalah peristiwa politik, bukan ajang penyelenggaraan olahraga seperti yang diketahui khalayak umum.

"Investor enggak mau terlibat kegaduhan politik Formula E," kata pria yang akrab disapa Pras itu dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

Pras menilai, Formula E menjadi agenda politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Komisi B DPRD DKI Sidak Lokasi Formula E di Ancol, Ini Faktanya

Hal itu, kata dia, terlihat jelas ketika Anies mengundang makan malam tujuh fraksi DPRD DKI Jakarta di rumah dinas gubernur.

Anies disebut mengumpulkan tujuh fraksi DPRD DKI, yaitu Nasdem, Golkar, PKS, PPP-PKB, Gerindra, PAN, dan Demokrat agar ketujuh fraksi itu mangkir dalam sidang paripurna interpelasi terkait Formula E pada 28 September 2021.

"Setelah waktu itu, semua terkait Formula E adalah peristiwa politik," ucap Pras.

Dia juga mengkritik pernyataan Anies yang menyebut penyelenggaraan Formula E adalah murni business to business tetapi menunjuk politikus sebagai ketua pelaksana Formula E.

Padahal, kata Pras, Anies sebelumnya jelas-jelas menyebut Pemprov DKI sebagai penyelenggara Formula E yang dibuktikan dalam instruksi gubernur kepada Dinas Pemuda dan Olahraga untuk membayar uang komitmen sebesar Rp 560 miliar.

Rangkaian peristiwa tersebut, kata Pras, membuktikan agenda politik Anies dalam penyelenggaraan balap mobil listrik tersebut.

"Pengusaha enggak mau terlibat dalam kegaduhan politik, makanya mereka enggak mau investasi di Formula E," tutur Pras.

Baca Juga: Percaya diri, panitia Formula E menyerahkan tumpukan dokumen ke markas KPK

Sebelumnya, Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo sekaligus Managing Director Formula E Jakarta Gunung Kartiko mengatakan, sampai 24 Januari 2022, belum ada satu pun sponsor yang resmi bergabung dalam ajang balap mobil listrik tersebut.

Dalam rapat kerja bersama Komisi B, Gunung menyatakan ada sponsor yang tertarik, tetapi baru sekadar pernyataan lisan sehingga tidak bisa dipublikasikan.

"Jadi sponsorship belum secara resmi kami open, tapi secara verbal, secara pendekatan networking, yang berminat (ada) walaupun belum bisa kami declare di sini karena belum hitam di atas putih," tutur Gunung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Formula E Belum Punya Sponsor, Ketua DPRD: Pengusaha Tak Mau Terlibat Kegaduhan Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto
Tag

Terbaru