kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Khofifah: Sudah tiga Investor asing tertarik bangun LRT di Jawa Timur


Senin, 16 September 2019 / 13:18 WIB
Khofifah: Sudah tiga Investor asing tertarik bangun LRT di Jawa Timur
ILUSTRASI. Khofifah Indar Parawansa

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan LRT di Jawa Timur dilirik sejumlah investor asing. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan terdapat 3 investor asing dari 3 negara berbeda tertarik ikut membangun LRT di ibu kota Jawa Timur, Surabaya. 

"Sudah ada yang tertarik, ada Inggris, Perancis, China juga," kata Khofifah Indar Parawansa di sela-sela acara penghargaan Wahana Tata Nugraha di Jakarta, Minggu (16/9). 

Selain itu, LRT dipilih karena dinilai lebih murah ketimbang Moda Raya Terpadu ( MRT), meski sebetulnya warga Jawa Timur juga ingin memiliki MRT sebagai moda transportasi andalan di provinsinya. 

Baca Juga: KCIC dan MRT Jakarta sepakat melakukan transfer knowledge

Pemilihan LRT ini, kata Khofifah, agar setiap daerah di Jawa Timur bisa terkoneksi dengan harga murah dan terjangkau. "Warga Jawa Timur kepingin LRT. Kalau MRT sebenarnya juga kepingin tapi terlalu mahal," kata Khofifah. 

Dia menyatakan, pihaknya telah memiliki sejumlah indeks pembandingan harga antara LRT dan MRT. Hasilnya, pembangunan LRT jauh lebih murah ketimbang MRT. "Jadi kita sudah dapat indeksnya per Km LRT berapa dan MRT berapa," ucap Khofifah. 

Adapun pembangunan LRT merupakan salah satu dari tiga program prioritas Jawa Timur yang telah diusulkan ke Presiden RI. Saat ini pihaknya telah menunggu Peraturan Presiden (Perpres) soal pembangunan LRT Jawa Timur yang rencananya bakal dibangun di Surabaya. 

Baca Juga: Cara Agung Podomoro Land (APLN) Bidik Pasar Startup

Sembari menunggu, pihaknya juga menyiapkan rancang bangun LRT yang lebih detil. "Kalau perpres turun Insya Allah segera, ini kan pokoknya membangun komunikasi, rancang bangunan sudah agak detil. Kita menunggu sampai rancang bangun detil insya Allah Perpres turun," katanya. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Investor Asing Tertarik Bangun LRT Jawa Timur, Siapa Saja?"




TERBARU

×