Kini ada layanan operasi jantung di Papua

Kamis, 05 Januari 2017 | 21:22 WIB Sumber: Antara
Kini ada layanan operasi jantung di Papua

JAKARTA. Kini warga di Papua dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk operasi Jantung. RSUD Jayapura bekerja sama dengan RS Harapan Kita Jakarta membuka pelayanan katerisasi jantung di rumah sakit terbesar timur Indonesia.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan antara kedua rumah sakit yang dilakukan Direktur RSUD Jayapura, Joseph Rinta dengan Direktur RS Harapan Kita Hananto di Jakarta, Kamis (5/1).

Joseph mengatakan, dengan dilakukannya penandatangan kerja sama maka RSUD Jayapura akan mendapat dukungan penuh dalam rangka memberikan pelayanan kepada pasein jantung. RSUD Jayapura menjadwalkan Februari mendatang akan membuka pelayanan katerisasi jantung sehingga pasein jantung tidak lagi perlu dirujuk.

"Alat untuk katerisasi sudah terpasang di RSUD Jayapura," kata Joseph. Nantinya, RS Harapan Kita secara berkala akan memberikan bantuan tenaga dokter serta melatih baik dokter maupun tenaga medis.

RSUD Jayapura baru memiliki tiga dokter spesialis jantung dan ke depan akan terus menambah fasilitas yang dimiliki sehingga nantinya dapat melakukan operasi bedah jantung.

Menurut Joseph, jumlah penderita jantung di Jayapura terus meningkat. Poli jantung di RSUD Jayapura setiap harinya menangani 50 pasein dan sebagian harus mendapatkan penanganan lanjutan atau intervensi sehingga dengan dioperasikannya alat tersebut diharapkan pasein tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lain.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru