Komitmen Erick Thohir Menyokong UMKM di Jawa Barat Dinilai Bisa Redam Dampak Resesi

Minggu, 04 Desember 2022 | 14:23 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Komitmen Erick Thohir Menyokong UMKM di Jawa Barat Dinilai Bisa Redam Dampak Resesi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Komitmen Erick Thohir Menyokong UMKM di Jawa Barat Bisa Redam Dampak Resesi.


BUMN -  JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitment meningkatkan peran BUMN dalam meningkatkan UMKM. Khususnya di Jawa Barat. Hal itu mengemuka saat ia mengunjungi kediaman sesepuh Jawa Barat (Jabar) HD Sutisno, 

Selain memfokuskan untuk membantu permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam kunjungan yang bertajuk Transformasi BUMN dalam Menopang UMKM di Indonesia, Erick juga fokus menggembangkan talent di Jabar sebagai propinsi yang padat dan memiliki semangat kreativitas yang sangat tinggi.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran Maman Setiawan menilai positif rencana Erick untuk meningkatkan peran BUMN dalam meningkatkan UMKM di provinsi Jabar. 

Sebab salah satu peran BUMN menurut Maman adalah untuk membantu negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan peran tersebut tidak bisa dilakukan oleh swasta.

Baca Juga: Ketum PAN: Ganjar Pranowo Sangat Prospek Diusung Capres Oleh KIB

"Ide Erick untuk membantu BUMN di Jabar sangat baik. Intinya BUMN bisa memiliki peran lebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,"ungkap Maman dalam keterangannya, Minggu (4/12).

Kemitraan dengan BUMN dengan UMKM ini menurut Maman bisa program CSR maupun keberpihakan. Keberpihakan tersebut bisa melalui memberikan pelatihan, pendanaan dan akses kepada UMKM ke BUMN. Maman menilai bank yang tergambung dalam HIMBARA juga sudah memberikan perhatiannya kepada UMKM di Jabar.

Lanjut Maman, BUMN dapat masuk ke UMKM di provinsi Jabar dengan pola kemitraan. Selain itu skema kerjasama juga bisa dilakukan antara BUMN dengan BUMD di Jabar dengan memberikan transfer keahlian yang dimilikinya. 

Diharapkan dengan adanta transfer ilmu pengetahuan dari BUMN akan membuat BUMD di Jabar menjadi lebih maju.

Maman mengatakan kemitraan BUMN dan UMKM yang digagas Erick ini dipercaya akan membuat ketahanan ekonomi di Jabar semakin kuat. Terlebih lagi ancaman resesi global saat ini tengah menghantui Indonesia. Dengan kemitraan antara BUMN dengan UMKM, akan membuat daya beli masyarakat di Jabar dapat terus dipertahankan.

Baca Juga: Dipimpin Erick Thohir, PTBA Ikut Menanam Pohon Menanam Akhlak

Maman juga mengapresiasi rencana Erick yang akan mendorong industri kreatif di Jabar. Dari data yang dimiliki Maman, setidaknya ada 10 perusahaan startup di Jabar. Namun yang bertahan hanya beberapa saja. 

Bantuan tak hanya sekadar pendanaan saja tetapi yang sangat dibutuhkan adalah pendampingan. Sehingga bantuan BUMN ini bukan jangka pendek. Tetapi jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru