Kredit UMKM di Babel tersalur Rp 3,65 triliun

Sabtu, 18 Juni 2016 | 17:45 WIB Sumber: Antara
Kredit UMKM di Babel tersalur Rp 3,65 triliun


PANGKALPINANG. Penyaluran kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada triwulan I tahun 2016 mencapai Rp3,65 triliun atau meningkat sebesar 15,47 persen dari triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan penyaluran kredit UMKM disumbangkan oleh sektor pertambangan dan penggalian sebesar 79,45 persen (yoy), sektor transportasi sebesar 61,56 persen, pergudangan dan komunikasi serta sektor jasa kesehatan sebesar 53,24 persen," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bayu Martanto di Pangkalpinang, Sabtu.

Secara sektoral pangsa kredit UMKM di dominasi oleh sektor perdagangan besar dan eceran sebesar 53,81 persen, diikuti sektor pertambangan sebesar 11,08 persen, sektor pertanian sebesar 8,39 persen, sektor industri pengolahan dan sektor konstruksi masing sebesar 5,71 persen, katanya.

Sementara itu, ia menambahkan kredit bermasalah UMKM meningkat menjadi sebesar 5,94 persen dari triwulan sebelumnya 5,71 persen.

Ia berharap, melalui dana kredit yang disalurkan kepada para pelaku usaha UMKM ini memberikan manfaat maksimal dalam membangun perekonomian di Babel.

"Kita selalu mengupayakan agar penyauran kredit UMKM ini maksimal guna memajukan usaha masyarakat dan membangun perekonomian yang sejahtera," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru