Lalu Lintas di Puncak Bogor Akan Dialihkan Selama 12 Jam Saat Malam Pergantian Tahun

Sabtu, 25 Desember 2021 | 15:15 WIB Sumber: Kompas.com
Lalu Lintas di Puncak Bogor Akan Dialihkan Selama 12 Jam Saat Malam Pergantian Tahun

KONTAN.CO.ID - KABUPATEN BOGOR. Kepolisian Resor Bogor bakal memberlakukan pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan roda empat di Simpang Pos Polisi IB atau setelah pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi menuju Ciawi-Sukabumi pada saat malam pergantian tahun. 

Pengalihan tersebut akan berlangsung selama 12 jam mulai tanggal 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. "Menjelang pergantian tahun nanti kita akan melakukan pengalihan arus kendaraan di mulai dari Jumat (31/12/2021) pukul 18.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pukul 06.00 WIB," kata Kapolres Bogor AKBP Harun melalui pesan tertulisnya, Sabtu (25/12).

Harun menegaskan, bahwa kendaraan-kendaraan tersebut nantinya akan dialihkan menuju arah Ciawi-Sukabumi. Hal itu dilakukan guna meminimalisir pergerakan orang atau pembatasan kendaraan pada malam pergantian Tahun Baru. Sehingga, kunjungan wisata dapat terkendali dan mencegah penyebaran Covid-19 akibat kerumunan. 

Harun menyebut bahwa kepolisian bersama TNI, Dishub, Satpol-PP Kabupaten Bogor akan melakukan pengamanan ekstra ketat bagi pelaku perjalanan menuju kawasan wisata Puncak Bogor. 

Baca Juga: Ini 10 Kawasan di Jakarta yang Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2022

Dia bahkan mengintruksikan jajarannya untuk memberlakukan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda dua dan empat selama 24 jam penuh. Selain itu, petugas juga akan memeriksa sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi dan bukti hasil tes negatif rapid antigen yang berlaku 1x24 jam. 

"Sekarang ini masih dalam situasi pandemi, untuk itu diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan disiplin prokes dan hindari kerumunan," ujarnya. 

Titik posko pengamanan Selain itu, sambung dia, pihaknya telah menyiapkan beberapa posko pengamanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Harun menyebutkan, posko pengamanan yang masuk dalam rangkaian Operasi Lilin Jaya 2021 ini tersebar di 15 wilayah di Kabupaten Bogor yakni, Sukaraja, Cibinong, Gunung Putri, Cileungsi, Citereup, Jonggol, dan Babakan Madang. 

Lalu di kawasan Puncak Bogor yakni Cisarua, Rindu Alam, Ciawi, dan Megamendung. Selanjutnya, di wilayah barat ada Cijeruk, Ciampea, Parung, dan Parung Panjang. 

Baca Juga: Amankan Ibadah Natal 2021, Personal Gabungan Disiagakan di Gereja Katedral

Tak hanya itu, pihaknya juga mendirikan 10 posko pemeriksaan protokol kesehatan di beberapa lokasi yaitu di Gerbang Tol (GT) Cigombong, Caringin, Ciawi, Cibanon, Rainbow Hill, Simpang gadog, Bendungan dan Pasir Angin. 

Kemudian, ada dua titik di kawasan Sentul yaitu GT Bellanova, dan GT Panca Karsa Sentul. Posko tersebut dijadikan sebagai check point atau tempat pemeriksaan sistem ganjil genap, pemeriksaan sertifikat vaksin dan sekaligus pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat yang belum disuntik vaksin. 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru