Layanan KRL tetap beroperasi normal selama bulan Ramadan tahun ini, simak aturannya

Selasa, 13 April 2021 | 11:05 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Layanan KRL tetap beroperasi normal selama bulan Ramadan tahun ini, simak aturannya

ILUSTRASI. Kereta Commuter line melintas di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (18/1/2021)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki bulan Ramadan tahun ini, KRL tetap beroperasi normal. Untuk itu, KAI Commuter tetap mengoperasikan 983 perjalanan KRL per hari mulai pukul 04.00 WIB hingga 22.00 WIB di wilayah Jabodetabek dan 22 perjalanan KRL per hari mulai pukul 05:05 WIB hingga 19:10 WIB di wilayah Yogyakarta - Solo.

Adapun upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dengan cara penyekatan di stasiun, pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, wajib menggunakan masker adalah hal yang lazim dilakukan saat di masa pandemi, dan masih berlaku di bulan puasa ini.

Baca Juga: Catat! Naik kereta api long weekend ini, surat negatif Covid-19 berlaku hanya 24 jam

Dalam keterangan rilis, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan selama bulan puasa, KAI Commuter memperbolehkan para pengguna untuk makan dan minum di dalam KRL khusus pada waktu berbuka puasa hingga satu jam setelahnya.

“KAI Commuter mengajak para pengguna yang hendak makan dan minum untuk berbuka puasa tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Para pengguna kami imbau untuk berbuka puasa dengan minuman dan makanan ringan secukupnya,” kata Anne dalam keterangan resmi, Selasa (13/4).

Anne mengatakan pengguna KRL jelang waktu berbuka puasa berpotensi padat. Hal ini tercermin dari data pengguna pada bulan puasa tahun 2020 menunjukkan puncak mobilitas pengguna KRL si pagi hari adalah pada pukul 06:00 - 07:00 WIB, sementara pada sore harinya pada pukul 16:00 - 17:00.

“Untuk itu KAI Commuter mengajak kepada para pengguna KRL untuk merencanakan  kembali perjalanannya pada Bulan Ramadan ini agar terhindar dari kepadatan di dalam KRL,” tambahnya.

Baca Juga: Jangan sampai ketinggalan, ini jadwal baru KRL Jabodetabek rute Bekasi-Jakarta Kota

Sementara itu sehubungan dengan aturan pemerintah terkait larangan operasional transportasi publik di masa mudik Lebaran 6-17 Mei 2021, KRL beroperasi dalam wilayah-wilayah aglomerasi yang tetap diizinkan adanya mobilitas.

Sehingga KAI Commuter akan menginformasikan lebih lanjut terkait pola operasional KRL di masa mudik lebaran tahun ini. 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru