Lewat Jalan Tol, Jarak Tempuh Bengkulu-Lubuklinggau Hanya 2 Jam

Senin, 14 Maret 2022 | 12:40 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Lewat Jalan Tol, Jarak Tempuh Bengkulu-Lubuklinggau Hanya 2 Jam

ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi proyek pembangunan jalan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat.


JALAN TOL - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol Bengkulu. Melalui jalan tol, diakui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dapat meningkatkan perekonomian daerah dan memperlancar konektivitas wisatawan.

“Kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah. Di samping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (14/3).

Kementerian PUPR menyatakan, pihaknya akan terus mempercepat pembangunan infrastruktur yang menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru, membuka lapangan kerja, dan mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat. Salah satunya yaitu melalui pembangunan jalan tol.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Perbaikan Jalan Tol Trans Sumatra Rampung Sebelum Lebaran

Salah satu jalan ruas jalan tol yang tengah dibangun oleh Kementerian PUPR yaitu ruas Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Ruas yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) ini terbagi menjadi 3 Seksi yaitu Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km), Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km), dan Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Km).

“Progres konstruksi Seksi 3 ruas Taba Penanjung – Bengkulu telah mencapai 96,51% dan ditargetkan dalam waktu dekat di quartal 1 tahun 2022 akan selesai konstruksinya dan dapat dioperasikan. Seksi 1 dan 2 saat ini masih dalam tahap persiapan,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki berharap Pemerintah Daerah, para pengusaha, dan masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal keberadaan tol yang terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai ini untuk mengembangkan ekonomi daerah dan meningkatkan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

“Setelah tol ini beroperasi, nantinya pengendara hanya menempuh waktu 1-2 jam perjalanan saja dari Lubuklinggau untuk mencapai Kota Bengkulu. Kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu,” ujarnya.

Baca Juga: Jalan Tol Trans Sumatera akan Terapkan Tilang Elektronik

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.837 km yang dibangun Kementerian PUPR ini terdiri dari ruas tol utama atau backbone sepanjang 1.913 km dan ruas tol sirip atau feeder 924 Km. Tol Trans Sumatera backbone yang sudah beroperasi sepanjang 531 Km yakni ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (141 km), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km), Kayu Agung-Palembang (38 km), Pekanbaru-Dumai (132 km), Medan-Binjai (17 km), dan Sigli-Banda Aceh seksi 4 (14 km).

Sedangkan ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang dalam tahap konstruksi sepanjang 486 km antara lain Jalan Tol Kisaran-Indrapura (48 km), Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Binjai-Pangkalan Brandan (58 km), dan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru