M Taufik minta seluruh anggota DPRD DKI sumbang 10% gaji untuk korban banjir

Senin, 06 Januari 2020 | 16:15 WIB Sumber: Kompas.com
M Taufik minta seluruh anggota DPRD DKI sumbang 10% gaji untuk korban banjir

ILUSTRASI. Pekerja membuang air yang masuk ke dalam toko saat banjir menggenangi kawasan Pasar Baru di Jakarta, Kamis (2/1/2020). M Taufik minta seluruh anggota DPRD DKI sumbang 10% gaji untuk korban banjir. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Mohammad Taufik meminta agar seluruh anggota DPRD DKI Jakarta untuk menyisihkan 10% take home pay atau gaji dan tunjangan bagi korban banjir di DKI Jakarta. 

Taufik sendiri menyerahkan 10% gaji dan tunjangannya, yakni Rp 10 juta untuk korban banjir. 

Baca Juga: Pasca banjir, Bintraco Dharma (CARS) mulai kedatangan permintaan perbaikan kendaraan

"Saya mengajak kepada kawan-kawan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah banjir untuk pembersihan dan lain-lain. Saya mengajak untuk menyisihkan 10% take home pay-nya bukan gaji. Dan tadi saya sudah menyerahkan kepada Pak Sekwan saya kira Insya Allah teman-teman bersedia," ucap Taufik di lantai 9, Gedung DPRD DKI, Senin (6/1). 

Permintaan ini, menurut Taufik, akan disampaikan oleh Sekretaris Dewan kepada masing-masing anggota DPRD DKI yang keseluruhan berjumlah 106 orang. 

Gaji masing-masing anggota DPRD, yaitu Rp 111 juta, sedangkan Ketua DPRD Rp 59 juta, dan wakil ketua Rp 110 juta. "Pimpinan kan beda. Saya anggap saya Rp 10 juta, saya bilang sekwan kalau kurang nanti dibilang," kata dia. 

Jika diasumsikan seluruh anggota DPRD DKI menyerahkan Rp 10 juta dari gaji dan tunjangannya, maka bantuan yang bisa diserahkan DPRD untuk korban banjir sebesar Rp 1,06 miliar. 

Baca Juga: 12 daerah tetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan longsor, simak daftarnya

Bantuan ini akan disalurkan kepada warga di wilayah yang masih terdampak juga untuk para relawan yang bekerja. 

"Nanti sekwan saja (yang menyerahkan). Kemarin kan saya ikut kerja bakti dengan pak gubernur di lapangan itu yang bersih-bersih ada kelompok tertentu ada PMI ada resimen mahasiswa kita support mereka. Bisa kelompok kesehatan," tuturnya. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "M Taufik Minta Seluruh Anggota DPRD DKI Sumbang 10 Persen Gaji untuk Korban Banjir"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru