kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,89   -31,85   -4.36%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Malang lelang pembangunan cold storage ikan


Rabu, 13 April 2016 / 11:16 WIB
Malang lelang pembangunan cold storage ikan

Sumber: Antara | Editor: Sanny Cicilia

MALANG. Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini akan membangun cold storage (ruang pendingin) untuk pembekuan ikan. Gudang pendingin ini dibangun di daerah Turen dengan anggaran lebih dari Rp 3 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang M Nasri Abdul Wahid mengatakan, proses lelang segera dibuka, yaitu 20 April - akhir Mei 2016. 


"Setelah ada pemenang tender, kami juga segera menerbitkan surat perintah kerja (SPK) agar proses pembangunannya juga bisa segera dilakukan atau dipercepat," kata Nasri, Rabu (13/4).

Ia mengatakan, target pembangunannya sebelum Ramadhan sudah dimulai. Jika sesuai prediksi, pada akhir November 2016 sudah tuntas dan bisa diresmikan.

Nasri menerangkan kebutuhan anggaran untuk pembangunan cold storage tersebut sebenarnya sebesar Rp 4 miliar, namun yang disetujui sebesar Rp 3 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari dana tugas perbantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ia mengemukakan dipilihnya Kecamatan Turen sebagai lokasi karena memiliki beberapa kelebihan, yakni ketersediaan pasokan listrik mencapai 120 KVA, kebutuhan air bersih cukup melimpah, akses dan infrastruktur cukup memadai, dan dekat dengan tempat pelelangan ikan (TPI) Pondokdadap di kawasan Pantai Sendangbiru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Selain itu, jarak tempuh Kecamatan Turen dengan Bandara Abd Saleh atau nanti jika bandara di Malang selatan sudah dibangun juga tidak lama serta keberadaan jalan tol masa depan yang saat ini sedang dimatangkan rencana pembangunannya.

Kegunaan cold storage tersebut lebih efektif menjaga kondisi ikan untuk waktu yang cukup lama. Dengan suhu -300 hingga -600 derajat celcius, kualitas ikan akan mampu bertahan hingga sembilan bulan. Cold Storage yang dibangun di Kecamatan Turen itu nanti berkapasitas sekitar 100 ton.

"Dengan adanya cold storage ini nanti, nelayan bisa mengoptimalkan hasil tangkapannya, sebab mereka tidak perlu lagi khawatir akan terjadi pembusukan ikan akibat tidak adanya fasiltas pendingin. Midah-mudahan lelangnya segera beres dan pembangunannya pun juga segera tuntas," ucapnya.

Pada 2015 produktivitas hasil tangkapan ikan laut di wilayah Kabupaten Malang meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni mencapai 24 ribu ton lebih, sedangkan pada 2014 hanya mencapai sekitar 12 ribu ton.

Dan, tahun ini ditargetkan bisa meningkat sekitar 5 persen, sebab potensi perikanan di pesisir pantai laut selatan Kabupaten Malang cukup besar, yakni mencapai 444 ribu ton per tahun. Apalagi nanti setelah adanya cold storage.




TERBARU

Close [X]
×