Masa jabatan Airin Rachmi berakhir di Tangsel, Wamendag beri apresiasi

Rabu, 21 April 2021 | 14:20 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Masa jabatan Airin Rachmi berakhir di Tangsel, Wamendag beri apresiasi

Wamendag Jerry Sambuaga memberikan apresiasi kepada Airin Rachmi Diany yang mengakhiri jabatan sebagai walikota Tangerang Selatan (Tangsel)

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memberikan apresiasi kepada Airin Rachmi Diany yang mengakhiri jabatan sebagai walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Selasa minggu ini. Pasalnya selama kepemimpinan Airin kinerja ekonomi termasuk dalam bidang perdagangan di kota itu merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Selama kepemimpinan beliau, ekonomi Tangsel tumbuh sangat baik, termasuk dalam sektor perdagangan. Ini terlihat dari pertumbuhan perdagangan modern dan perdagangan, kualitas layanan dan fasilitas perdagangan, penegakan hukum perdagangan dan lain-lain,” kata Wamendag, Rabu (21/4).

Menurut Jerry selama dua periode Airin berhasil memimpin Tangsel. Ia optimis walikota pengganti Airin akan melanjutkan prestasi Tangsel. Airin sendiri mengakhiri masa jabatan sebagai walikota Tangsel sehari sebelum perayaan Hari Kartini 2021.

Airin sendiri merupakan salah satu dari pemimpin daerah perempuan yang terpilih melalui Pemilu. Pada tahun 2018 ada 31 perempuan yang menjadi kepala daerah atau sekitar 9% dari seluruh kepala daerah. 

Baca Juga: Pemkot Tangsel melarang pesantren menerima kunjungan orangtua santri

“Momennya tepat. Beliau pemimpin perempuan yang masih muda dan berhasil menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik. Jadi beliau bisa disebut sebagai representasi Kartini masa kini yang harus kita apresiasi dan dijadikan panutan oleh perempuan-perempuan muda lainnya,” tambah Jerry.

Menanggapi apresiasi dari Jerry, Airin menyampaikan bahwa keberhasilan Tangsel adalah upaya bersama seluruh warga dan aparat pemerintah. Airin mengatakan bahwa meski terhitung maju cepat selama kepemimpinannya, masih banyak agenda yang harus dilakukan. Karena itu Ia berharap pemerintah dan warga Tangsel bisa terus kompak membangun dan memperbaiki kondisi yang ada.

Tangerang Selatan menjadi salah satu kota yang pertumbuhannya sangat pesat sejak dimekarkan dari Kabupaten Tangerang. Kedekatan lokasi dengan Jakarta menjadi salah satu pemicunya. Banyak daerah industri dan daerah tempat tinggal warga yang bekerja di Jakarta. 

Tangerang Selatan juga menjadi salah satu mesin pertumbuhan Provinsi Banten. Secara ekonomi Tangsel bersama Kabupaten Tangerang adalah merupakan penghasil PAD yang sangat besar bagi Banten. 

Secara sosial, Tangsel juga menyumbangkan indeks pembangunan manusia yang tinggi. Saat ini skor IPM Tangsel mencapai 81,48. Angka ini bahkan lebih baik daripada DKI Jakarta.

Selanjutnya: Airin sebut tak ada penumpukan swab di Labkesda Tangsel

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru