Masih ada korban banjir NTT belum ditemukan, Jokowi: Saya perintahkan terus dicari

Jumat, 09 April 2021 | 15:47 WIB Sumber: Kompas.com
Masih ada korban banjir NTT belum ditemukan, Jokowi: Saya perintahkan terus dicari

Presiden Joko Widodo?mengunjungi Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Lembata, NTT (9/4/2021), yang merupakan salah satu lokasi terdampak bencana yang disebabkan oleh siklon tropis Seroja.


BANJIR -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk terus melakukan pencarian korban hilang akibat banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Menurut dia, saat ini masih ada 45 orang yang masih belum ditemukan dan 163 jiwa meninggal.  Hal ini Jokowi sampaikan saat mengunjungi salah satu lokasi bencana di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT, Jumat (9/4/2021). 

"Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi segera ditemukan," kata Jokowi. 

Jokowi menyebutkan, muncul kendala dalam proses pencarian korban. Sebab, keadaan lapangan yang dipenuhi bebatuan besar menyulitkan pengoperasian alat-alat berat. 

Baca Juga: Jokowi sebut logistik untuk korban bencana di NTT mencukupi

"Tapi, sudah saya perintahkan agar terus dicari dan ditemukan yang masih hilang 45 orang," ujarnya Jokowi pun memastikan bahwa logistik untuk para pengungsi sudah tercukupi. 

Kendati demikian, jumlah warga yang mengungsi tidak terlalu besar. "Hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan BBM-nya mahal. Ya, saya terima," katanya. 

Rencananya, warga yang berada di lokasi terdampak bencana akan direlokasi. 

Terkait hal ini, Jokowi telah berbicara dengan Gubernur NTT dan Bupati Lembata. Relokasi akan dilakukan secepat-cepatnya. Jokowi pun mengucapkan duka yang mendalam atas kepergian para korban. 

"Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan, diberikan tempat yang terbaik, dan yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran," kata Jokowi. 
Sebelumnya diberitakan, banjir disertai dengan longsor terjadi di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, NTT, Minggu (4/4/2021).

Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Diamanty Meiliana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Perintahkan Jajarannya Terus Lakukan Pencarian Korban Hilang akibat Banjir NTT", 

Selanjutnya: Garuda (GIAA) operasikan penerbangan kemanusiaan ke wilayah terdampak bencana NTT

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru