Peristiwa

Masjid Istiqlal tidak menggelar solat Idul Adha pada tahun ini

Kamis, 09 Juli 2020 | 13:05 WIB Sumber: TribunNews.com
Masjid Istiqlal tidak menggelar solat Idul Adha pada tahun ini

ILUSTRASI. Masjid Istiqlal. ANTARA FOTO/Pool/Akbar Nugroho Gumay/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masjid Istiqlal tidak akan menyelenggarakan pelaksanaan salat Idul Adha pada tahun ini. Keputusan tersebut diambil sejumlah menteri dengan Imam Besar Masjid Istiqlal menggelar rapat tingkat menteri yang dipimpin Menko PMK Muhadjir Effendy, pada Kamis (9/7/2020).

"Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan salat Idul Adha," ujar Muhadjir dalam konferensi pers melalui zoom, Kamis (9/7/2020).

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengatakan berdasarkan pertimbangan subyektif dan obyektif Masjid Istiqlal istiqlal belum memungkinkan untuk melangsungkan salat Idul Adha.

Baca Juga: Catat, warga Jakarta di wilayah zona merah tak dapat saksikan pemotongan hewan kurban

Saat ini Masjid Istiqlal masih menjalani proses renovasi. "Obyektifnya, kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya," kata Nasaruddin.

Dirinya meminta dukungan masyarakat agar renovasi Masjid Istiqlal dapat selesai dengan segera. Pelaksanaan salat Idul Adha tidak memungkinkan karena persiapan yang mepet sementara renovasi belum rampung. Selain itu, Masjid Istiqlal belum dapat digunakan karena untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Kita kedepankan yang wajib baru sunnah untuk kemaslahatan semuanya. Kita beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar Idul Adha," tutur Nasaruddin.

Editor: Handoyo .


Terbaru