Melihat Suasana Istana Batu Tulis Jelang Pengumuman Capres PDI-P

Jumat, 21 April 2023 | 13:11 WIB Sumber: Kompas.com
Melihat Suasana Istana Batu Tulis Jelang Pengumuman Capres PDI-P

Sebuah mobil tampak hendak memasuki Istana Batu Tulis, Bogor. Kabarnya, Ketum PDI-P Megawati bakal mengumumkan capres PDI-P di Istana Batu Tulis hari ini, Jumat (21/4/2023).(KOMPAS.com/DIAN ERIKA)


PARTAI POLITIK -  BOGOR. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri dikabarkan bakal mengumumkan calon presiden (capres) di Istana Batu Tulis, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (21/4/2023). 

Berdasarkan Pantauan Kompas.com, sekitar pukul 12.00 WIB, pintu gerbang Istana Batu Tulis dalam kondisi tertutup. Selain itu, tampak adanya sejumlah aparat keamanan yang berjaga di sisi dalam pagar istana. 

Namun, menurut informasi, sejumlah kendaraan sudah memasuki ke dalam Istana Batu Tulis sekitar pukul 11.00 WIB. 

Baca Juga: Megawati Dikabarkan Bakal Umumkan Capres PDI-P, Jokowi Balik ke Jakarta

Sementara itu, tepat di seberang istana puluhan awak media cetak, televisi, dan online sedang bersiap mengambil momen menjelang pengumuman capres PDI-P. 

Adapun lalu lintas di Jl Batu Tulis hingga Jumat siang terpantau ramai lancar. Belum tampak ada tanda-tanda jalan akan ditutup. 

Sejauh ini, memang belum ada konfirmasi pasti terkait kabar capres PDI-P yang akan diumumkan Megawati pada siang ini. 

Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto hanya menyampaikan singkat bahwa semua kader diharap bersiap. 

"Semua kader partai harus menyiapkan diri, baik secara ideologis hingga secara struktural," kata Hasto lewat keterangan tertulis, Jumat. 

"Sebab, setiap saat Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri bisa menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang akan diusung oleh partai," ujarnya menambahkan. 

Hasto mengungkapkan, pertimbangan momentum itu termasuk pertimbangan skala nasional hingga dinamika dunia dan kriteria kepemimpinan. 

Meskipun belum terkonfirmasi soal pengumuman capres, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui bertolak dari Kota Solo menuju Jakarta pada Jumat siang. 

Baca Juga: Megawati Dikabarkan Umum Capres PDI-P Jumat Ini, Hasto Minta Semua Kader Bersiap

Presiden yang sedang dalam masa pulang ke kampung halaman mendadak akan menghadiri acara internal di Jakarta. 

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat siang. "Betul, Presiden ke Jakarta untuk agenda internal," ujar Bey. 

Menurut Bey, pada Jumat sore Kepala Negara akan kembali ke Kota Solo. "Sore nanti akan kembali ke Solo, untuk salat Idul Fitri dan berlebaran dengan keluarga pada esok hari," kata Bey. 

Adapun perjalanan Jokowi ke Jakarta ini dilakukan di tengah kabar Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon presiden (capres).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Suasana Istana Batu Tulis Usai Kabar Bakal Diumumkannya Capres PDI-P",
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Novianti Setuningsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru