Menhub targetkan MRT fase II HI-Ancol rampung tahun 2024

Rabu, 20 November 2019 | 13:59 WIB Sumber: TribunNews.com
Menhub targetkan MRT fase II HI-Ancol rampung tahun 2024

ILUSTRASI. Menteri Perhubungan RI: Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Kantornya Jalan Merdeka Barat, Senin (21/1). Menteri Perhubungan menjelaskan berbagai langkah dan strategi di tahun 2019. KONTAN/Baihaki/21/1/2019


TRANSPORTASI - JAKARTA. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menuturkan, target penyelesaian Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) fase II HI-Ancol selesai pada 2024. Hal itu disampaikan Budi saat ditemui di Kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/11).

Diketahui, pengerjaan fase II MRT dilakukan sejak Desember 2018. "Kita (Kemenhub) sudah bisa kalkulasi yang fase II MRT dari HI-Ancol kita harapkan 2024-2025 selesai," ucap mantan Dirut Angkasa Pura ini.

Baca Juga: Hingga akhir tahun, MRT Jakarta optimistis meraup pendapatan di atas Rp 500 miliar

Sementara, untuk MRT fase III yang menghubungkan Cikarang - Balaraja akan ditargetkan selesai pada 2026, sama seperti Kereta Cepat Jakarta - Surabaya.

Ia mengatakan, masih terdapat kendala dalam pembangunan MRT fase III yakni pembebasan lahan. "Dari Balaraja ke Cikarang itu kira kira selesai 2026 karena banyak tanah-tanah yang harus dibebaskan tentunya membutuhkan waktu untuk menyelesaikan," jelas dia.

Pembangunan transportasi massal itu, ujar Budi, melibatkan bantuan dana dan sumber daya manusia dari Jepang.

Baca Juga: Mulai 1 Desember 2019 naik MRT Jakarta bisa pakai QR Code

"Kita lakukan partnership dengan Jepang, jadi semua kegiatan itu didampingi oleh kontraktor Indonesia. Jadi one day kita bisa membangun sendiri. itu pesan pak Presiden Jokowi. Pembiayaannya semua load, jangka panjang, dengan term yang cukup baik," kata Budi Karya Sumadi.

Diketahui, pembangunan MRT fase 1 telah melayani rute Lebak Bulus-HI, sejak Maret 2019. Pembiayaan MRT fase 2 ini disebut membutuhkan biaya mencapai Rp30 triliun, dari total kebutuhan awal yang hanya Rp 20 triliun. (Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Menhub: MRT Fase II HI-Ancol Ditargetkan Rampung 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru