Menikmati sejuknya wisata kawah Gunung Kelud

Jumat, 07 Juni 2019 | 08:34 WIB   Reporter: Hendrika Yunapritta
Menikmati sejuknya wisata kawah Gunung Kelud


WISATA - KEDIRI. Tahun ini, kawah Gunung Kelud dibuka untuk umum, paska erupsi 2014 yang menimbulkan hujan abu hingga menutupi sebagian besar Pulau Jawa. 

Menuju kawah Kelud di Kediri, tidak sulit. Anda tinggal mengikuti rute yang ditunjukkan Google Map. Tiba di area kawah Kelud, udara lumayan dingin. 

Nah, untuk menuju kawah, kita harus menyusuri jalan menanjak, sekitar 2 kilometer. Jika Anda enggan jalan kaki, di kaki kawah ada banyak ojek yang siap mengantar sampai kawah. 

Tak perlu tawar-tawaran harga, para tukang ojek ini sudah punya tarif tetap Rp 50.000 per penumpang. Mereka juga punya nomor antrian, jadi Anda tak perlu takut "diserbu" tawaran ojek. Anda cukup ke pos jaga, di situ ada petugas yang menerima pembayaran dan mengatur perjalanan. 

Setiap pengemudi membawa motor sport. Mereka cukup ahli menyusuri jalanan berbatu dan menanjak menuju kawah. 

Di daftar ojek ada 104 yang tercantum. "Aslinya lebih banyak dari itu, sekitar 150 an," kata petugas admin ojek. Di papan tercantum aturan pengojek, antara lain harus bersih, tidak merokok saat membawa tamu, dan ramah. 

Selama perjalanan menuju kawah, tukang ojek yang mengangkut kita, akan memberi tahu spot-spot foto yang bagus. Mereka juga akan menunggu, sampai kita puas menjelajah dan mengambil gambar di spot-spot tadi. 

Tak ketinggalan, mereka juga memberi informasi tentang tempat-tempat wisata di sekitar situ, seperti Kampung Anggrek dan Kampung Indian, serta hasil bumi setempat yang bisa dibeli dan dicemil di jalan: nanas potong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru