Menteri Basuki: Di 2024, Saya Jadi Salah Satu yang Pertama Datang dan Tinggal di IKN

Senin, 25 September 2023 | 04:20 WIB Sumber: Kompas.com
Menteri Basuki: Di 2024, Saya Jadi Salah Satu yang Pertama Datang dan Tinggal di IKN

ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut dirinya akan menjadi salah satu pihak pertama yang pindah dan tinggal di IKN.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus berlangsung. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut dirinya akan menjadi salah satu pihak pertama yang pindah dan tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. 

Hal itu disampaikan Basuki saat menghadiri malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN (Kawasan Titik Nol Nusantara) pada 22 September 2023. Pada acara itu hadir pejabat pemerintah lainnya hingga influencer yang berkemah di IKN. 

Basuki mengatakan, saat ini progress pembangunan IKN Nusantara sudah sekitar 40 persen, dan pada tahun 2024 secara bertahap pemerintahan akan pindah ke IKN. 

"Pada tahun 2024 nanti, saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal di sini," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (24/9/2023). 

"Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar, tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni," tambah Basuki. 

Saat ini, Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2 jam. 

Baca Juga: Revisi UU IKN, Pemerintah & DPR Dinilai Diam-Diam Obral HGU 190 Tahun ke Investor

Nantinya, setelah jalan tol tersambung, maka diperkirakan waktu tempuh Balikpapan ke IKN Nusantara hanya sekitar 30-45 menit. 

Basuki mengatakan, pembangunan IKN Nusantara yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR ini ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. 

Kementerian PUPR bertugas membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain. 

"Ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia," kata dia. 

Baca Juga: Konstruksi Bandara VVIP IKN Akan Dimulai 1 November 2023

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, selain Basuki, ada satu menteri lagi yang mengaku akan menjadi salah satu menteri yang pertama tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Jadi nanti saya akan ngopi bareng dengan Pak Basuki di Ibu Kota Negara (IKN) saat selesai pertama," ujar dia pada akhir Juli 2023 lalu. 

Tak hanya itu, Airlangga juga berkelakar akan melihat pemandangan bersama dengan Menteri PUPR di ibukota baru itu. 

"Kita nikmati bulan-bulan menjelang Agustus ya Pak," kata Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri PUPR: Saya Akan Jadi Salah Satu yang Pertama Tinggal di IKN" dan "Basuki Hadimuljono: Insya Allah, Saya Akan Jadi Menteri Pertama yang Tinggal di IKN"

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru