Menteri Basuki: Jalan Tol Akses Bandara Kertajati bisa selesai September 2021

Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:32 WIB Sumber: Kompas.com
Menteri Basuki: Jalan Tol Akses Bandara Kertajati bisa selesai September 2021

ILUSTRASI. PTPP laksanakan groundbreaking proyek jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan dan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diharapkan bisa selesai pada September 2021.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresasi seluruh pihak yang terlibat dalam mempercepat pembangunan ruas tol ini.

"Luar biasa bisa selesai September 2021. Kualitas baik dan rapi. Selamat dan terima kasih," tulis Basuki dalam testimoninya saat meninjau ruas tol Akses BIJB Kertajati, Senin (30/8/2021).

Usai meninjau ruas tersebut, Menteri Basuki juga langsung meninjau lokasi pembangunan Junction Dawuan pada Seksi 6 Tol Cisumdawu.

Baca Juga: Panjang jalan tol di Indonesia ditargetkan bertambah jadi 5.103 km pada tahun 2024

Melihat progres pembebasan lahan yang sudah mencapai 79,08 persen pada seksi 3-6 Tol Cisumdawu, Basuki optimistis konstruksinya dapat rampung pada Desember 2021.

"Terus semangat untuk Desember 2021 tuntas. Terima kasih dan selamat bekerja," tulis Basuki dalam testimoninya.

Kedua ruas tersebut mendukung pengoperasian BIJB Kertajati sekaligus mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi.

Mulai dari Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, serta kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri yang saling terkoneksi.

Basuki mengatakan, dengan dibangunnya ruas Tol Akses Bandara bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir tahun 2021, bisa mengurangi waktu tempuh dari Bandung ke Bandar, dari sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru