Mitra Komunikasi Nusantara (MKNT) kembangkan jalur distribusi baru di wilayah Sulut

Kamis, 07 November 2019 | 17:28 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Mitra Komunikasi Nusantara (MKNT) kembangkan jalur distribusi baru di wilayah Sulut

ILUSTRASI. JAKARTA,25/10-MITRA KOMUNIKASI NUSANTARA. Kantor PT. Mitra Komunikasi Nusantara Tbk di Jakarta, Rabu (25/10). KONTAN/Fransiskus Simbolon/25/10/2017


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. PT Mitra Komunikasi Nusantara Tbk (MKNT) mengembangkan jalur distribusi baru di wilayah Sulawesi Utara. Perusahaan tetap terus mengembangkan jaringan distribusi guna meningkatkan market share, terutama market di kota-kota besar di Indonesia.

MKNT menambah jaringan distribusi di kepulauan minahasa berikut talaud di wilayah Sulawesi Utara dengan wilayah operasional mencakup 318 kelurahan di sekitar Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Talaud, Sitaro, Tondano, Sangihe, dan Tomohon dengan jumlah mencapai 5.070 warung untuk memperlancar proses distribusi rencananya emiten akan menempatkan sebanyak 20 titik, Sementara pusat koordinasi akan ditempatkan di beberapa pusat distribusi meliputi : Kepulauan Minahasa, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Tomohon dan Sangihe.

"Kami mengembangkan jalur distribusi di Sulawesi Utara baru baru ini supaya market share kita Indonesia menjadi lebih besar. Kita memilih wilayah Kepulauan Minahasa berikut kepulauan talaud karena potensi pasar di sini bagus," ujar Jefri Junaedi, Direktur Utama MKNT dalam siaran pers, Kamis (7/11)

Baca Juga: Aturan validasi IMEI bakal dongkrak penjualan peritel ponsel

Secara hitungan kapasitas penjualan, jalur distribusi ini cukup mampu untuk mendongkrak kinerja keuangan Perseroan, jadi semestinya Perseroan tidak akan menanggung rugi untuk mengembangkan jaringan distribusi di wilayah ini. 

Apalagi, Sulawesi Utara menjadi wilayah yang banyak penduduknya yaitu di Kepulauan Minahasa Talaud, sekitar 904.415 jiwa untuk minahasa dan 100.752 jiwa untuk talaud. disamping itu juga memiliki luas wilayah paling besar di Sulawesi Utara yakni mencapai 4.151.316 km² untuk minahasa dan 1.240,40 km² untuk talaud.

Dengan adanya penambahan area pemasaran ini, Perusahaan ini berharap penambahan omset penjualan di kuartal IV ini sebesar Rp 150 Miliar, bahkan di atas kertas, perusahaan optimis mampu melampaui target keseluruhan yaitu di kisaran Rp 4,2 Triliun di akhir tahun 2019.

Jalur distribusi ini berada di anak perusahaan perseroan yaitu PT Catalist Integra Prima Sukses, Sumber pendanaan untuk aksi korporasi ini berasal dari kas internal perseroan. Investasi terbesar terdapat pada pos pengadaan stok pulsa. Sebab kebutuhan pulsa di wilayah ini memang terbilang cukup besar.

Baca Juga: Jualan Pulsa Telkomsel Kian Sulit, MKNT Pangkas Target Kinerja

"Jadi memang paling besar itu di pengadaan stok pulsa. Karena permintaan di wilayah ini cukup tinggi. Dan memang wilayah Minahasa dan Talaud ini selain paling luas di Sulawesi Utara, penduduknya juga banyak, ya," lanjutnya.

Sampai sejauh ini, peta wilayah distribusi MKNT sudah mencakup kota-kota besar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi Dengan sebaran distributor sudah mencapai sekurang-kurangnya di 8.773 kelurahan. 

Disamping penambahan jalur distribusi, MKNT akan terus konsisten mentransform bisnisnya ke dalam ranah ecosystem Digital. Sebab dengan bantuan technology kami akan mendapatkan efisiensi yang luar biasa dan bisa menciptakan peluang bisnis baru, jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru