kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,11   9,81   1.45%
  • EMAS918.000 0,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Monas tidak diizinkan untuk penyelenggaraan Formula E, Jakpro cari lokasi pengganti


Jumat, 07 Februari 2020 / 15:15 WIB
Monas tidak diizinkan untuk penyelenggaraan Formula E, Jakpro cari lokasi pengganti
ILUSTRASI. JAKARTA,29/01-REVITALISASI MONAS. Suasana revitalisasi taman di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Rabu (29/01). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyetop sementara proyek revitalisasi Monas. Pemberhentian dilakukan sampai ada tindak lanjut d

Reporter: Handoyo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lokasi balapan Jakarta E-Prix yang rencananya bakal digelar 6 Juni 2020 masih belum jelas. Pihak penyelenggara mengatakan tidak jadi menggunakan kawasan Monas sebagai lokasi balapan.  Keputusan ini merupakan imbas dari penolakan Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, yang tidak memberikan izin balapan Formula E digelar di kawasan Monas. 

"Kami menghormati sepenuhnya keputusan Komisi Pengarah, dan kami siap mencari lokasi alternatif atas arahan Komisi Pengarah," kata Direktur Utama Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto dalam siaran resmi, Kamis (6/2). 

Baca Juga: Pebalap China dikarantina 14 hari sebelum balapan Formula E, ini sebabnya

Dengan keputusan tersebut, panitia penyelenggara segera mencari beberapa tempat untuk dijadikan alternatif. "Kami sebagai Organizing Committee Formula E Jakarta sudah mempersiapkan lokasi pengganti dari Monas yang memenuhi kriteria sebagai ikon Jakarta dan Indonesia," kata Dwi. 

Dwi mengatakan, lokasi baru tersebut akan mempertimbangkan masukan dari pemerintah pusat dan pihak-pihak terkait lainnya.  ‘’Pengumuman lokasi sirkuit pengganti akan dilakukan setelah disetujui oleh FEO dan FIA selaku partner penyelenggaraan Formula E Jakarta," katanya.

Dwi mengatakan, awalnya kawasan Monas dipilih sebagai ikon Jakarta dan Indonesia layaknya Menara Eiffel di Paris. Penyelenggaraan Jakarta E-Prix pun akan membawa Monas ke pentas dunia. 

Baca Juga: Meski wabah virus corona mengganas, Olimpiade Tokyo jalan terus

"Monas adalah lokasi paling ideal bagi Formula E. Namun, karena Komisi Pengarah tidak mengizinkan, kami menghormati keputusan itu. Jauh sebelumnya sudah dipersiapkan alternatif-alternatif lokasi, kami tengah mendalami untuk pilihan terbaik," ujar Dwi. 

Meski demikian Dwi berharap di tahun depan Monas dapat tetap bisa digunakan, sebab sebagai penyelenggara pihaknya sudah menandatangani kontrak selama 5 tahun. "Kami berharap di tahun mendatang kita diizinkan untuk memakai Monas," ujar Dwi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Formula E Batal Digelar di Monas, Jakpro Cari Lokasi Lain"




TERBARU

Close [X]
×