MUI Jabar Serukan Shalat Gaib untuk Putra Sulung Ridwan Kamil

Jumat, 03 Juni 2022 | 03:45 WIB Sumber: Kompas.com
MUI Jabar Serukan Shalat Gaib untuk Putra Sulung Ridwan Kamil

ILUSTRASI. Masyarakat muslim diimbau untuk menggelar shalat gaib untuk putra Ridwan Kamil, hari ini, Jumat (3/6/2022). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Masyarakat muslim diimbau untuk menggelar shalat gaib, hari ini, Jumat (3/6/2022). Imbauan tersebut dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar).

Hal itu dilakukan menyikapi hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di Sungai Aare, Bern, Swiss. 

Untuk diketahui, sudah lebih dari sepekan proses pencarian Eril tidak kunjung membuahkan hasil. 

MUI Jabar pun telah menerbitkan surat seruan pelaksanaan shalat gaib yang dirilis, Kamis (2/6/2022). Surat itu terbit atas persetujuan pihak keluarga. 

Lewat surat itu, MUI Jabar mengucapkan turut berduka atas musibah yang dialami keluarga Ridwan Kamil. Dalam pertemuan virtual Kamis malam, keluarga Ridwan Kamil telah mengikhlaskan dan meyakini Eril telah wafat.

Baca Juga: Interpol Terbitkan Yellow Notice Bantu Cari Anak Ridwan Kamil

Para Pengurus MUI Jabar pun telah melaksanakan shalat gaib setelah mendapat persetujuan keluarga. 

"Iya, MUI Jabar (sudah shalat gaib) karena ketentuan agama kalau meyakini sudah meninggal dunia dan diduga keras meyakini begitu, bahwa wajib segera dishalatkan," ujar Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei, Kamis (2/6/2022). 

Baca Juga: Putra Pertama Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Saat Berenang di Swiss

"Saya katakan kalau sudah yakin kita melakukan kewajiban adalah menyalatkan (shalat gaib). Meski begitu, pencarian tetap dilakukan tidak masalah, sesuai keyakinan tadi," tambahnya. 

Pernyataan resmi dari keluarga besar Ridwan Kamil sendiri baru akan disampaikan pada Jumat besok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MUI Jabar Serukan Masyarakat Shalat Gaib untuk Eril, Anak Ridwan Kamil"
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru