Oktober 2019, kamera tilang elektronik akan dipasang di jalan tol

Jumat, 20 September 2019 | 16:39 WIB Sumber: Kompas.com
Oktober 2019, kamera tilang elektronik akan dipasang di jalan tol

ILUSTRASI. KAMERA TILANG ELEKTRONIK


LALU LINTAS - JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di ruas jalan tol. di titik-titik yang telah ditentukan di ruas tol dalam kota. 

Pemasangan kamera ETLE di ruas jalan tol ditargetkan mulai awal Oktober 2019. "Kita akan launching pada bulan Oktober, tanggalnya belum tahu karena belum ada keputusan terkait dengan sistemnya sudah berjalan atau belum," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir kepada Kompas.com, Jumat (20/9). 

Baca Juga: Ada konvoi kendaraan listrik di Monas, ini jalur alternatifnya

Nasir mengatakan, pemasangan kamera ETLE tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga. Oleh karena itu, kedua belah pihak akan mendiskusikan terkait titik pemasangan kamera ETLE tersebut. 

"Ini adalah permintaan atau kerja sama antara PT Jasa Marga dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Ini adalah bentuk kerja sama dan kebutuhan dua belah pihak," ungkap Nasir. 

Nasir mengatakan, tujuan pemasangan kamera ETLE di ruas jalan tol adalah meminimalkan pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas. 

Pelanggaran yang sering terjadi di ruas jalan tol adalah pengemudi yang mengendarai mobil melebihi ambang batas kecepatan dan penggunaan bahu jalan yang tak sesuai prosedur. 

Baca Juga: Simak ragam diskon MPV murah pada bulan ini

"Kalau ditanya tujuannya, masing-masing punya tujuan. Bagi Ditlantas, tujuannya adalah keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamsetibcarlantas)," ujar Nasir. 

"Bagi Jasa Marga, tujuannya adalah untuk mengurangi pelanggaran-pelanggaran kendaraan bermotor di jalan misalnya over loading, over speed, over dimension, dan pelanggaran penggunaan bahu jalan," lanjutnya. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Oktober 2019, Kamera ETLE Akan Dipasang di Jalan Tol"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru