Palembang bangun infrastruktur kawasan industri

Jumat, 03 Juni 2016 | 12:13 WIB Sumber: Antara
Palembang bangun infrastruktur kawasan industri


PALEMBANG. Kawasan industri baru Palembang yang direncanakan di Kecamatan Gandus akan dilengkapi jalan lingkar agar kegiatan transportasi tidak lagi melewati pusat kota.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik, mengatakan jalan lingkar tersebut akan menghubungkan Gandus dengan akses ke jalan nasional menuju luar kota dan pelabuhan.

"Bukan hanya jalan lingkar, pemkot juga merencanakan pembangunan Musi V untuk memperlancar akses masuk dan keluar di kawasan itu," kata dia, Jumat (3/6).

Ia mengemukakan sejauh ini pemkot telah memetakan wilayah Kota Palembang menjadi dua yakni kawasan pemukiman, industri, dan pemerintahan.

Kawasan Gandus dipetakan sebagai kawasan industri, sementara Talang Kelapa, Alang-alang Lebar dan Kenten sebagai pemukiman.

Pemkot telah memproyeksikan 100 hektare sedangkan 200 hektare untuk pemukiman untuk kawasan industri Gandus.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penyediaan lahan," kata dia.

Menurut Safri, kawasan industri mandiri ini akan memiliki pembangkit listrik, jaringan pembuangan air limbah dan sampah sendiri.

Pemkot berharap dengan memiliki kawasan industri ini maka hilirisasi beragam hasil bumi Sumatera Selatan dapat terealisasi karena akan muncul industri pengolahan dan perakitan.

"Saat ini pemkot sedang membangun instalasi pengolahan air (ipa). Dengan fasilitas yang lengkap ini, harapannya investor jadi tertarik," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru