Para Pemimpin Perempuan di Sektor Properti Galakkan Aksi Berbasis ESG

Jumat, 23 Agustus 2024 | 12:28 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Para Pemimpin Perempuan di Sektor Properti Galakkan Aksi Berbasis ESG

ILUSTRASI. Synergy Lady Leaders galakkan kegiatan pelestarian lingkungan


ESG - JAKARTA. Isu lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan atau environmental, social, and governance (ESG) kini menjadi fokus para pelaku industri dan ekosistem properti di Tanah Air. Selain membawa dampak terhadap nilai investasi pengembang, ESG juga menjadi komitmen bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan bagi generasi mendatang, serta membawa manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Menyadari itu, Synergy Lady Leaders, bagian dari komunitas Synergy Developer Indonesia, berinisiatif untuk menggagas serangkaian acara sosial dan lingkungan mulai dari kegiatan edukasi pilah sampah hingga penyaluran donasi yang diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Synergy Lady Leaders merupakan komunitas profesional dengan beragam latar belakang di dalam ekosistem properti mulai dari developer properti, perbankan, property technology (proptech), konsultan, arsitek hingga agensi.

Ketua Synergy Lady Leaders, Tambok Parulian Setyawati Simanjuntak mengatakan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan sebagai inisiatif kolaboratif yang ditujukan untuk memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan (stakeholder) di industri properti Indonesia.

Baca Juga: Kolaborasi demi Keberlanjutan di Lestari Summit 2024

“Berawal dari obrolan ringan di komunitas pengembang properti dan industri ikutannya, Synergy Lady Leaders terbentuk pada 17 Maret 2024 yang diinisiasi oleh para pemimpin perempuan di industri properti. Jadi kami ini baru sekitar 5 bulan berdiri dan tidak ingin sekadar ada, kami juga ingin membuat kegiatan yang bermanfaat,” kata Tambok dalar keterangan resminya, Jumat (21/8).

Sebelumnya, Synergy Lady Leaders telah memberikan edukasi pilah sampah terhadap warga Sentraland Paradise Parung Panjang  dan penyaluran sumbangan untuk posyandu. 

Pada 21 Agustus 2024 lalu, Synergy Lady Leaders menggelar kegiatan Charity Activity for Our Earth di Bogor yang dihadiri oleh sekitar 200 orang, serta menghadirkan sejumlah figur perempuan pegiat dan pelestari lingkungan yang membagikan kisah inspiratifnya.

Tambok bilang, kegiatan tersebut sekaligus menjadi kontribusi nyata Synergy Lady Leaders terhadap pemberdayaan perempuan dalam aspek pelestarian lingkungan. Kami akan menyumbangkan sebagian hasil penjualan tiket kegiatan hari ini untuk program stunting yang dilakukan sejumlah komunitas perempuan di wilayah Bogor.

Kegiatan amal ini, kata Juanita, lebih bersifat konkret dengan edukasi yang memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah rumah tangga, serta melakukan eksekusi dengan membimbing pelaksanaan pengelolaan sampah rumah tangga. 

Baca Juga: BTN Konsisten Perkuat Implementasi ESG, Ini Salah Satu Hasilnya

Selain itu, diberikan pemahaman mengenai transaksi yang terhubung dengan kolaborator monetisasi, dan terakhir literasi dengan memberikan tips mengelola keuangan sehingga lebih dapat berdaya ekonomi. “Sekitar 30% dari hasil penjualan tiket dan 10% dari hasil penjualan produk olahan akan disumbangkan kepada posyandu untuk memberikan kontribusi nyata dalam menekan angka stunting,” imbuh Tambok. 

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan akses dan apresiasi kepada para perempuan yang mendukung lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah atau limbah rumah tangga, sekaligus memberikan dukungan melalui edukasi waste management, pemahaman tentang kebutuhan pengelolaan keuangan dan akses bagi para perempuan agar lebih berdaya ekonomi.

Selain itu, Synergy Lady Leaders ikut berpartisipasi dan terlibat aktif dalam penerapan prinsip ESG diantaranya dengan mengajak dan mengedukasi ibu-ibu dan masyarakat sekitar perumahan untuk sadar untuk menjadikan limbah sampah rumah tangga menjadi terurai dan juga memiliki nilai ekonomis.

Saat ini, Synergy Lady Leaders diperkuat sejumlah profesional dari beragam latar belakang sebagai pengurus seperti Tambok Parulian Setyawati Simanjuntak (Vice CEO Perum Perumnas), Elisabeth Novie Riswanti (Direksi Manajemen Aset BTN), Marine Novita (CEO PropertyKlik.com), Imelda Fransisca (Vice CEO PT. Olympic Bangun Persada), Juanita A. Luthan (Direktur Bank Nobu), Kartika Dewi (Senior Sales & Treasury Director BSA Land), Iriska Dewayani (SVP Regional Office Head Jakarta 2 BTN) dan Ayu Pertiwi – Vice President Bank Mandiri Consumer Loans Group. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk
Tag

Terbaru