Pastikan Anggaran Tepat Sasaran, BPPSDMP Kementan Lakukan Evaluasi dan Monitoring

Rabu, 20 Juli 2022 | 21:50 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Pastikan Anggaran Tepat Sasaran, BPPSDMP Kementan Lakukan Evaluasi dan Monitoring

ILUSTRASI. BPPSDMP KEMENTAN: Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi membuka Rekonsiliasi dan Konsolidasi Monev didampingi Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah [kanan] dan Koordinator Evalap BPPSDMP Septalina Pradini.


AGRIBISNIS  - BOGOR. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengadakan Rekonsiliasi dan Konsolidasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program dan Kegiatan lingkup BPPSDMP yang dibuka oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi di Bogor, Jabar pada Rabu (20/7).

Dedi Nursyamsi mengatakan kegiatan monitoring bertujuan mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai perencanaan dan prosedur yang telah disepakati. Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program.

"Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya, sesuai pedoman dan perencanaan program," kata Kabadan Dedi Nursyamsi didampingi Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah dalam siaran pers.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 25 triliun untuk Pupuk Subsidi

Langkah BPPSDMP Kementan sejalan harapan Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo yang secara khusus meminta jajarannya melaksanakan evaluasi dan monitoring pengelolaan anggaran di Kementan mendapat pengawalan yang ketat, berdasarkan asas efisiensi, tepat sasaran, dan tidak boros.

Secara prinsip, kata Dedi Nursyamsi, monitoring dilakukan sementara kegiatan sedang berlangsung guna memastikan kesesuaian proses dan capaian sesuai rencana atau tidak yang ditetapkan organisasi dalam hal ini BPPSDMP Kementan.

Sementara evaluasi dilakukan pada akhir kegiatan, katanya, untuk mengetahui hasil atau capaian akhir dari kegiatan atau program. Hasil evaluasi bermanfaat bagi rencana pelaksanaan program yang sama di waktu dan tempat lainnya.

Dedi Nursyamsi mengingatkan apabila ditemukan penyimpangan atau kelambanan maka segera dibenahi sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai rencana dan targetnya. "Jadi, hasil monitoring menjadi input bagi kepentingan proses selanjutnya."

Baca Juga: Pembagian Pupuk Subsidi Dibatasi, Petani Minta Sosialisasi Tentang Pupuk Organik

Sementara Siti Munifah menekankan pada komitmen, tanggung jawab dan kewajiban dari jajaran Evalap BPPSDMP di pusat dan daerah untuk mendukung kegiatan Monev hingga pelaporan anggaran dan kinerja secara rutin, kalau perlu day by day.

"Kami harapkan PNS, CPNS maupun THL yang menangani Evalap untuk bekerja maksimal dan mampu menjaga rahasia negara, karena tugasnya menyangkut data milik negara," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru