Pelipat surat suara pemilu di Jombang dibayar hingga Rp 100 per lembar

Selasa, 05 Maret 2019 | 18:15 WIB   Reporter: Handoyo
Pelipat surat suara pemilu di Jombang dibayar hingga Rp 100 per lembar


PEMILU 2019 - JOMBANG. Ratusan warga Jombang, mayoritas perempuan melakukan sortir dan melipat ribuan surat suara Pemilu 2019 di dua gedung yang dijadikan gudang penyimpanan logistik pemilu 2019 mendatang. Yakni gedung Tennis Indoor dan Gerung Juwita kota setempat, Selasa (5/3).

Menurut Ketua KPU Jombang, Muhaimin Sofie, para tenaga pelipat ini akan diberi honorarium dengan sistem borongan. Mereka akan mendapat upah Rp 100 per surat suara per orang untuk DPRD maupun DPR RI, Rp 75 untuk DPD dan Rp 50 untuk surat suara pilpres.

Dijelaskan, perbedaan ini ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan pelipatannya. "Yang DPR maupun DPRD ini kan lebih sulit. Surat suaranya besar jadi melipatnya juga butuh waktu dan kesulitan tersendiri maka honor juga lebih banyak dibandingkan lainnya. Target kami per orang bisa menyelesaikan dua dos per hari, satu dos berisi 500 surat suara," terangnya kepada Tribunjatim.com.

Ditambahkan, untuk proses ini pihaknya membutuhkan sekitar 250 hingga 300 orang tenaga pelipat. Mereka sebagian besar merupakan penduduk sekitar lokasi gudang. Syaratnya berupa foto kopi KTP.

"Ini sementara masih sekitar 250 orang. Kebutuhan ideal sampai 300 orang. Tapi yang ada akan kami evaluasi dulu untuk penyesuaian kebutuhan kita ," ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Sortir dan pelipatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini diawasi secara ketat oleh petugas, baik dari Bawaslu maupun Kepolisian. Sebelum masuk ke dalam ruangan, para tenaga pelipat diperiksa.

Selain dilarang membawa tas, para tenaga pelipat ini juga tidak diperkenankan membawa telepon genggam dan jaket oleh petugas. Selain pada saat masuk, upaya penggeledahan ini dilakukan ketika mereka hendak keluar ruangan.

"Ketika ada yang kedapatan melakukan hal yang tidak diinginkan nanti akan urusannya dengan hukum, jadi polisi yang akan bertindak", terangnya.

Menurut Muhaimin, proses sortir dan pelipatan ini ditargetkan kelar maksimal pada H-10 pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang. Dia optimistis proses ini akan kelar sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditentukan. 

Setelah kelar, akan dilanjutkan dengan surat suara lain yang dijadwalkan datang hari ini dan besok. Mulai dari DPRD Provinsi hingga surat suara pilpres. "Jadwal kami hari ini datang surat suara untuk Pileg DPRD provinsi," katanya. (Sutono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Lipat Surat Suara Pemilu, Ratusan Emak-emak di Jombang Dibayar Rp 100 per Lembar per Orang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru