Infrastruktur

Pemalang Batang Toll Road targetkan gerbang tol ketiga rampung April 2020

Rabu, 23 Oktober 2019 | 16:51 WIB Sumber: Kompas.com
Pemalang Batang Toll Road targetkan gerbang tol ketiga rampung April 2020

ILUSTRASI. Foto udara kendaraan pemudik yang melintas di simpang susun Tol Pemalang-Batang di Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (8/6). Sejumlah warga memilih untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal melalui jalan tol guna menghindari padatnya arus lalu linta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Direktur PT Pemalang Batang Toll Road Supriyono menargetkan, gerbang tol ketiga yang berada di daerah Bojong, Kabupaten Pekalongan, selesai pembangunannya pada April 2020. "Sekarang progresnya baru sekitar 30%," kata Supriyono di Jakarta, Rabu (23/10).

Gerbang tol tersebut akan menjadi akses bagi pengguna jalan yang hendak menuju wilayah Wonosobo dan Banjarnegara. Dengan demikian, masyarakat yang tadinya harus melalui jalur arteri, dapat berpindah menggunakan jalan tol. 

Baca Juga: Anak usaha Waskita Karya (WSKT) akan terbitkan MTN II sebesar Rp 200 miliar

Berdasarkan catatan perseroan, lalu lintas harian (LHR) rata-rata mencapai 22.800 kendaraan, dimana pada hari biasa sekitar 17.000 hingga 18.000 kendaraan. Sementara pada saat akhir pekan dapat terjadi lonjakan antara 27.000 hingga 28.000 kendaraan. 

"Berdasarkan beberapa survei, itu sudah ada pengalihan arus. Orang dari Semarang atau Demak ke Purwokerto yang tadinya lewatnya Wonosobo, sekarang lewat Pemalang," sebut Supriyono.

Baca Juga: Tekan utang, Waskita Karya (WSKT) akan terima pencairan proyek turnkey Rp 21 triliun

Dari sisi waktu, ia mengklaim jauh lebih efisien dan pasti, yakni selama empat jam untuk jarak tempuh Semarang ke Purwokerto.

Sedangkan, bila menggunakan jalur biasa, waktu tempuhnya bisa mencapai 5-7 jam. Itu pun tergantung kondisi lalu lintas yang ada. 

Baca Juga: Waskita Toll Road : Tak ada ruas tol milik kami yang tarifnya naik

Meski demikian, ia mengatakan, penyelesaian pembangunan pintu tol ini diyakini tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap lonjakan jumlah pengguna jalan tol. Kecuali, bila di sekitar kawasan tersebut di bangun sentra industri atau pariwisata baru. 

Untuk diketahui, di sepanjang ruas Tol Pemalang-Batang, sejauh ini baru terdapat dua pintu gerbang yakni Gerbang Tol Pemalang di Kabupaten Pemalang dan Gerbang Tol Pekalongan di Kota Pekalongan. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerbang Tol Ketiga Ruas Pemalang-Batang Rampung April 2020",

Editor: Yudho Winarto


Terbaru