Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan Dinilai Kunci Penguatan Ekonomi

Selasa, 05 Desember 2023 | 22:04 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Pemberdayaan UMKM Berkelanjutan Dinilai Kunci Penguatan Ekonomi


UMKM -  JAKARTA. Peran generasi muda sangat penting dalam menggerakkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang saat ini dianggap sebagai pilar utama dalam perekonomian global. 

Wirawan Panoedjoe Soebagyo, Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21, menyoroti hal ini dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa (5/12/2023). Menurutnya, kreativitas, inovasi, dan dukungan teknologi dari generasi muda dapat menjadi pendorong signifikan bagi UMKM untuk meraih pangsa pasar global.

Pendapat ini sejalan dengan kebijakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, yang mengajak generasi muda untuk terlibat aktif dalam sektor UMKM. Wirawan mendukung sepenuhnya kebijakan tersebut.

Baca Juga: DANA Bekerjasama dengan Yayasan PTI Dorong Inklusi Keuangan bagi Disabilitas

UMKM di Indonesia telah terbukti tangguh melalui berbagai krisis ekonomi, termasuk pada tahun 1998. Di tengah kolapsnya perusahaan-perusahaan besar, UMKM tetap berdiri kokoh. Oleh karena itu, pemberdayaan UMKM menjadi fokus penting bagi pemimpin bangsa ke depannya.

Muhadjir Effendy telah mengajak generasi muda untuk terlibat dalam ekonomi, melihatnya sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan masa depan yang cerah melalui UMKM.

Wirawan menekankan bahwa dengan kreativitas, inovasi, dan dukungan teknologi dari generasi muda, UMKM tidak hanya akan berkembang di tingkat nasional, tetapi juga bisa bersaing di pasar global. Pengembangan UMKM harus diiringi oleh peningkatan kualitas produk dan layanan, serta penetrasi pasar yang lebih luas.

Baca Juga: Dukung UMKM Melalui Optimalisasi Teknologi Digital, Peruri Gelar Digitalk

Dia juga menyoroti perlunya perhatian lebih dari pemerintah terhadap UMKM, terutama dalam aspek manajerial, permodalan, peningkatan kualitas, ekspansi pasar, dan adopsi teknologi. 

Menurutnya, jika UMKM mendapatkan perhatian yang cukup, ekonomi negara akan semakin kuat, karena UMKM yang tangguh dapat menjadi penopang utama perekonomian bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru