Pemerintah Jakarta Pusat gandeng Hipmi dorong geliat UMKM di tengah pandemi

Senin, 15 November 2021 | 19:57 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Pemerintah Jakarta Pusat gandeng Hipmi dorong geliat UMKM di tengah pandemi

ILUSTRASI. Pemerintah Jakarta Pusat gandeng Hipmi dorong geliat UMKM.


UMKM - JAKARTA. Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi mengunjungi Pasar Poncol dan area UKM Monumen Nasional (Monas) untuk melihat geliat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

Aktivitas perekonomian tradisional dianggap mampu merefleksikan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu kota. Di Jakarta sendiri pemulihan ekonomi terus diupayakan. 

Di Triwulan III tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif, akibat dari dukungan sektor esensial, kritikal, dan industri yang berorientasi digital. Percepatan vaksin pun memiliki andil dalam pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021 secara yoy perekonomian tumbuh 3,51% dari sisi permintaan. Selain itu pertumbuhan ini juga didorong oleh peningkatan konsumsi domestik pada pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) dan pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP).

Baca Juga: IMI siapkan marshal untuk ajang balap IATC dan WSBK Mandalika

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menyaksikan langsung aktifitas pasar tradisional yang kembali bergairah ketika berkunjung ke Pasar Poncol dan pedagang kaki lima di area UKM Monas, Senin (15/11). Ada beberapa perhatiannya dalam membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jakarta. 

“Untuk membangkitkan ekonomi beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol,” kata dia dalam keterangannya, Senin (15/11).

Hal ini diapresiasi oleh calon Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan atau yang biasa disapa Eki Adhitya, yang turut mendampingi kunjungan Wakil Walikota Jakarta Pusat ke Pasar Poncol dan area UKM Monas. 

Rizky yang juga berprofesi sebagai pengacara ini menyatakan bahwa pihaknya akan membantu menghidupkan ekonomi khususnya melalui UMKM sebagai bagian kolaborasi dari HIPMI Jakarta Pusat dalam menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat.

Baca Juga: RAPBD DKI Jakarta 2022 disepakati sebesar Rp 84,88 triliun

Selain memantau kondisi sarana dan prasarana, kunjungan Wakil Walikota Jakarta Pusat, beserta rombongan melihat pula kondisi perkembangan UMKM di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat. 

Wakil Walikota Jakarta Pusat pun menyampaikan harapannya agar HIPMI Jakarta Pusat melalui Eki Adhitya dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat untuk menumbuhkan perekonomian melalui UMKM dengan pesat.

Selanjutnya: Ekonomi Jakarta cuma tumbuh 2,43%, pengusaha: Jangan paksakan kenaikan UMP 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru