Pemerintah Siapkan 3 Opsi Lintasan Pengembangan MRT Jakarta Fase 4

Selasa, 18 Oktober 2022 | 21:09 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Pemerintah Siapkan 3 Opsi Lintasan Pengembangan MRT Jakarta Fase 4

ILUSTRASI. Pekerja berkatifitas di proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2 di kawasan Medan Merdeka, Jakarta, Selasa (20/9/2022).


MRT - JAKARTA. Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tiga opsi trase pengembangan MRT Jakarta Fase 4.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Risal Wasal menyampaikan, MRT Jakarta Fase 4 akan dibangun dengan koridor timur-barat dan direncanakan akan diintegrasikan dengan koridor utara-selatan yang sudah lebih dulu dibangun.

“Ada setidaknya tiga usulan trase yang dikaji pada kajian awal MRT Jakarta Fase 4,” ujar Risal dalam keterangan tertulis, Selasa (18/10).

Opsi pertama dari Bandara Soekarno-Hatta sampai dengan Jakarta International Stadium. Opsi kedua dari Pondok Gede sampai dengan Joglo. Serta opsi III dari TMII sampai dengan Fatmawati.

Baca Juga: Menhub Ajak Korea Selatan Terlibat dalam Pengembangan MRT Jakarta Fase 4

Risal menjelaskan, masing-masing usulan opsi lintas tersebut memiliki potensi dan kendalanya masing-masing. Kendati demikian, Risal menyampaikan bahwa telah dilakukan kajian awal untuk menyepakati opsi lintas yang akan ditawarkan kepada Korea Selatan.

"Berdasarkan kajian Multi-Criteria Analysis yang telah dilakukan, lintas yang paling memungkinkan untuk dibangun adalah lintas Fatmawati-TMII," ucap Risal.

Hal itu disebabkan lintas Fatmawati-TMII memiliki hambatan paling sedikit dan melewati banyak pusat kegiatan masyarakat sehingga diharapkan dapat mengangkut lebih banyak orang dibandingkan opsi lintas lainnya.

Lebih lanjut Risal mengatakan, MRT Jakarta Fase 4 untuk lintas Fatmawati-TMII ini nantinya akan dibangun secara melayang dan bawah tanah.

"Koridor Fatmawati-TMII memiliki persentase jalan sempit sebanyak 31% sehingga jika dibangun secara melayang seutuhnya, akan memakan banyak sekali badan jalan," terang Risal.

Untuk pengembangan tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak Korea Selatan berpartisipasi dalam pembangunan jaringan MRT Jakarta Fase 4.

Tawaran itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada delegasi Korea Selatan di sela-sela kegiatan 28th ASEAN Transport Minister Meeting pada Senin (17/10) di Bali.

Baca Juga: MRT Jakarta Bangun Terowongan dan Stasiun CP202 Jakarta Fase 2A

Editor: Yudho Winarto

Terbaru