kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemprov berharap Banten segera bangkit, investor tanamkan modalnya, dan turis datang


Kamis, 10 Oktober 2019 / 11:29 WIB

Pemprov berharap Banten segera bangkit, investor tanamkan modalnya, dan turis datang
ILUSTRASI. Homestay di Tanjung Lesung, Pandeglang, banten.foto/KONTAN/Cheppy A Muchlis


KONTAN.CO.ID - PANDEGLANG. Dinas Pariwisata Provinsi Banten tengah berusaha mendatangkan kembali wisatawan pasca bencana tsunami pada Desember 2018.

Ada beberapa langkah dan program-program yang tengah dijalankan yakni menetapkan Pandeglang sebagai Inspiring Geopark Ujung Kulon.  

Antara lain, penetapan delapan destinasi wisata yang berada di Kec. Panimbang, Kec. Cigeulis, Kec. Cimanggu dan sebagainya yang memiliki potensi tempat wisata seperti Curug, Pantai, Ekonimi Kreatif, Batik Cikadu dan Budidaya ikan serta Pulau-pulau ciamik yang berada di Banten.

Baca Juga: Disapa suasana asri Kampung Wisata Kepuh, Pandeglang

“Kampung Cikadu ini sudah didukung sarana dan prasarana nya oleh Pemerintah Pusat sehingga tentu bisa menjadi satu daya tarik untuk wisatawan yang berkunjung ke KEK Tanjung Lesung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati kepada Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata KONTAN beberapa waktu lalu.

Langkah pengembangan Taman Bumi atau Geopark di Ujung Kulon ini bukan menjadi hal baru yang dipikirkan bahkan sebelum terjadinya tsunami. Eneng bilang, rencana atau proses penetapan ini memang sudah sejak awal tahun 2018.

Namun akibat kejadian itu, masyarakat beserta pemerintah harus memutar ide lagi untuk tetap bangkit seperti bagaimana sisa runtuhan bisa dilestarikan, upaya-upaya penanaman kembali mangrove dan tanaman yang menjadi penguat pantai, serta pembinaan bagi Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga: Banten West Java: Tanjung Lesung mulai pulih dan siap sambut wisatawan kembali

“Pasca tsunami ini kami lebih keras lagi untuk berupaya untuk segera memulihkan sesuai kondisi saat ini,” tambahnya.

Menurutnya, bencana yang datang ini tentu memperlambat program-program yang sudah direncanakan. Seperti investasi atau dana yang ditanamkan, aset pantai dan wisata lain yang menjadi daya tarik wisata yang tentunya hilang, tentunya ini tidak mematahkan semangat pemerintah Banten untuk membangun kembali wisata KEK tersebut.

Apalagi, PT Banten West Java (BWJ) juga turut mendatangkan program-program festival setiap bulannya.

Menurut Eneng, ada dua kawasan wisata yang menjadi kontribusi besar bagi Banten yakni Carita dan Tanjung Lesung dengan resort atau hotel, restaurant dan pantai yang indah untuk daya tariknya.

Baca Juga: Jurus Bupati Pandeglang Irna Narulita mendorong pariwisata selepas tsunami tahun lalu

Tapi, ada juga destinasi lain seperti pemandian air panas, gunung serta kegiatan alam yang juga punya kontribusi bagi Banten.


Reporter: Ratih Waseso, Venny Suryanto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×