Pemprov DKI akan bangun Kampung Akuarium dengan konsep rumah berlapis

Selasa, 08 Oktober 2019 | 14:10 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI akan bangun Kampung Akuarium dengan konsep rumah berlapis


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan konsep rumah berlapis. Pembangunan akan direalisasikan pada 2020.

"Jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," ujar Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto saat dihubungi, Selasa (8/10).

Rumah berlapis dibangun secara vertikal seperti halnya rumah susun. Namun, Triyanto menyebut, rumah berlapis maksimal hanya memiliki empat lantai. "Rumah lapis itu tingginya maksimal empat lantai," kata dia.

Baca Juga: Anies bangun kembali Kampung Akuarium yang digusur Ahok tahun depan

Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang melelang rencana desain (detail engineering design/DED). Desain itu untuk mengembangkan konsep penataan yang telah diusulkan warga Kampung Akuarium dalam program penataan kampung dengan community action plan (CAP).

 Anggaran pembangunan Kampung Akuarium akan diketahui setelah Pemprov DKI mendapatkan pemenang lelang DED. "Saat ini lagi pelelangan DED-nya," ucap Triyanto.

Pemprov DKI era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggusur Kampung Akuarium pada 11 April 2016. Saat menjadi gubernur, Anies Baswedan kemudian berjanji akan membangun ulang kampung tersebut.

Baca Juga: A year in office, Anies gets mixed reviews

Sebelum membangun ulang kampung, Pemprov DKI telah mengaktifkan kembali kartu tanda penduduk (KTP) warga Kampung Akuarium sejak awal 2018.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru