Pemprov DKI: Beberapa tahun ke depan, tak ada lagi warga Jakarta pakai air tanah

Jumat, 08 Oktober 2021 | 14:39 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI: Beberapa tahun ke depan, tak ada lagi warga Jakarta pakai air tanah

ILUSTRASI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria


DKI JAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berharap, dalam beberapa tahun ke depan, tidak ada lagi warga Jakarta yang menggunakan air tanah untuk sumber air baku.

"Harapan kami nanti dalam beberapa tahun ke depan tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan air tanah," tutur Riza dalam rekaman suara, Jumat (8/10/2021).

Penggunaan air tanah ditengarai menjadi penyebab land subsidence atau penurunan muka tanah di DKI Jakarta.

Untuk itu, kata Riza, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun sumber air baku di Bendungan Jatiluhur 1 dan Karian Serpong.

Riza mengatakan, saat ini wilayah DKI Jakarta yang memiliki sumber air bersih dengan sistem perpipaan hanya mencapai 63 persen. Pembangunan sumber air baku di Karian dan Jatiluhur diharapkan bisa meningkatkan sistem perpipaan air bersih di Jakarta.

Baca Juga: Anies Baswedan mencatat, 24 jam terakhir di ibu kota nol pemakaman protap Covid 19

"PAM sendiri dan juga didukung dari PUPR sedang mempersiapkan sumber air bersih dan pipanisasi agar di Jakarta yang sudah tercover 63 persen bisa ditingkatkan sampai dengan 100 persen," tutur Riza.

Baca juga: Warga Jakarta Bakal Dilarang Gunakan Air Tanah, Begini Respons Pemprov DKI Politikus Partai Gerindra ini juga menegaskan, jika perpipaan sudah menjangkau 100 persen, akan ada sanksi bagi mereka yang tetap menggunakan air tanah, khususnya bagi keperluan industri, termasuk perkantoran, hotel, dan apartemen.

"Nanti akan kami berikan sanksi bagi industri, bagi hotel, apartemen, perkantoran, mal yang menggunakan air bersih dari pompa atau jetpam dari air tanah," ujar Riza. (Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Harap Beberapa Tahun Lagi Tak Ada Warga Gunakan Air Tanah"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru