Pemprov DKI Jakarta Bangun Pengelolaan Sampah RDF Plant Rorotan

Senin, 13 Mei 2024 | 15:26 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Pemprov DKI Jakarta Bangun Pengelolaan Sampah RDF Plant Rorotan

ILUSTRASI. JAKARTA,10/10-SAMPAH DI MANGGARAI. Petugas UPK Badan Air menggunakan alat berat untuk memindahkan sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Senin (10/10/2022). UPK Badan Air Pemprov DKI Jakarta memprediksi terdapat ribuan meter kubik sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai karena terbawa arus deras Sungai Ciliwung sejak Senin (10/10) dini hari. KONTAN/Fransiskus Simbolon


SAMPAH - JAKARTA. Pengeloaan sampah yang tepat guna makin dibutuhkan kota besar seperi Jakarta. Untuk itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun pusat pengolahan sampah berteknologi tinggi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto menerangkan, saat ini DLH Provinsi DKI Jakarta terus memprioritaskan pengelolaan sampah berteknologi tinggi untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global yang berwawasan lingkungan.

Salah satunya, diwujudkan dengan groundbreaking pembangunan refuse derived fuel (RDF) Plant Jakarta yang berlokasi di Rorotan, Jakarta Utara, berkapasitas pengolahan sampah 2.500 ton per hari oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. 

Asep menjelaskan, teknologi pengolahan sampah melalui RDF ini memiliki keunggulan dibandingkan teknologi-teknologi lainnya, yakni biaya investasi dan operasionalnya cukup efisien.

"Selain untuk mengurangi sampah dengan biaya cukup efisien, tentunya fasilitas ini juga memberi peluang bagi Pemprov DKI Jakarta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penjualan RDF ke off-taker, salah satunya industri semen," terangnya di keterangan resmi, Senin (15/3).

Baca Juga: Ladang Bisnis Baru, Layanan Validasi dan Sertifikasi Karbon

Lebih lanjut, Asep menyebut, RDF yang dihasilkan dari pengolahan sampah ini sudah memiliki off-taker untuk dimanfaatkan menjadi bahan bakar alternatif, yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

"Seluruh hasil produksi yang mencapai 875 ton per hari akan langsung dikirim ke off-taker, lokasi pabriknya di Citeureup, Kabupaten Bogor. Hasil produksi itu akan melalui proses kompaksi menggunakan RDF Baler untuk dikemas berbentuk kubus, sehingga meningkatkan efisiensi pengangkutan RDF ke off-taker," tutur Asep.

RDF Plant Jakarta direncanakan akan melayani 16 kecamatan di Provinsi DKI Jakarta. Terdiri dari seluruh kecamatan wilayah Jakarta Utara yang meliputi enam kecamatan, yakni Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan.

Lalu, empat kecamatan di Jakarta Pusat, yaitu Cempaka Putih, Kemayoran, Johar Baru, dan Senen, serta enam kecamatan di Jakarta Timur, yakni Cakung, Pulogadung, Duren Sawit, Jatinegara, Matraman, dan Makasar.

Dengan desain pengolahan 2.500 ton sampah baru tersebut, akan menghasilkan 35%-40% produk RDF, 1-2% material daur ulang berupa logam, dan 15% dalam bentuk residu, seperti beling, kerikil, pasir dan keramik. Selebihnya, merupakan air lindi dan kadar air pada sampah yang dapat menguap pada proses pengeringan.

Selain itu, DLH Provinsi DKI Jakarta juga akan menggunakan truk sampah jenis compactor untuk mengangkat sampah menuju RDF Plant Jakarta. Sehingga, dapat meminimalisasi bau dan ceceran air lindi di sepanjang rute perjalanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru