Pemprov DKI Jakarta redupkan lampu jalan demi hemat anggaran Rp 675 juta per bulan

Senin, 11 Mei 2020 | 13:32 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI Jakarta redupkan lampu jalan demi hemat anggaran Rp 675 juta per bulan

ILUSTRASI. Lampu jalan di jalanan DKI Jakarta akan diredupkan mulai 18.00 hingga 06.00 untuk menghemat anggaran


DKI JAKARTA - JAKARTA. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, peredupan lampu jalan atau penerangan jalan umum (PJU) bisa menghemat anggaran sekitar Rp 675 juta per bulan atau Rp 22,5 juta per hari. 

Peredupan lampu jalan ini dilakukan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. 

"Bisa menghemat sekitar Rp 675 jutaan per bulan," ujar Hari saat dihubungi, Senin (11/5). 

Baca Juga: Kemenhub terbitkan surat edaran dirjen terkait petunjuk operasional transportasi

Hari menambahkan, lampu-lampu PJU diredupkan setiap hari mulai pukul 18.00 sampai 06.00 WIB. Lampu yang diredupkan mulai dari lampu di jalan protokol hingga lampu di jalan lingkungan. 

"Peredupan pada beberapa jalan protokol, flyover atau ruang terbuka, dan penghubung seperti Jalan Pemuda, Matraman, lingkungan, dan MHT," kata dia. 

Menurut Hari, kondisi pencahayaan di jalan-jalan Jakarta tetap memadai meskipun lampu-lampu PJU diredupkan hingga 60%."Dari hasil survei malam, kondisi lapangan pencahayaan tidak terasa ada perubahan, masih sangat memadai," ucapnya. 

Baca Juga: Gugus tugas covid-19 klaim PSBB efektif tekan penyebaran corona

Selain untuk menghemat anggaran, peredupan lampu PJU dilakukan lantaran aktivitas masyarakat mulai berkurang saat malam hari. Hal ini tidak lepas dari penerapan PSBB yang dilakukan Pemprov DKI sejak 10 April 2020. 

PSBB ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Redupkan Lampu Jalan, Pemprov DKI Hemat Anggaran Rp 675 Juta Per Bulan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru