Pemprov DKI Jakarta terus upayakan untuk minimalisir bau tak sedap di Kali Item

Minggu, 29 Juli 2018 | 20:33 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Pemprov DKI Jakarta terus upayakan untuk minimalisir bau tak sedap di Kali Item

ILUSTRASI. Kali Item yang terletak di belakang Wisma Atlet, Kemayoran, dipasangi jaring berwarna hitam


ASIAN GAMES - JAKARTA. Masalah bau tidak sedap di Kali Item sejauh ini masih diupayakan agar bisa diminimalisir. Tekait hal itu banyak upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi masalah tersebut.

Beberapa upaya yang dilakukan antara lain adalah dengan mengaplikasikan teknologi nano bubble , namun sejauh ini tidak terlalu membantu dan pemerintah beralih pada penggunaan pompa air dan mengalirkan air dari Kali Sentiong – Kali Item – Kali Sunter – dan kemudian ke laut untuk mengurangi dampak bau berkelanjutan.

Sebuah wacana baru muncul ketika masalah bau busuk akan di tutupi dengan pewangi. Namun menurut Sandiaga, bau busuk yang paling terpenting untuk dihilangkan terlebih dahulu. Setelah masalah itu selesai, upaya pewangian mungkin bisa mulai ditindak lanjuti.

"Nanti saya mau koordinasi dulu. Tapi ini menurut saya juga baru dilapisi, sumbernya harus di-take care dulu yang membuat aromanya harus diselesaikan masalahnya. Nah, setelah itu untuk membantu ada pewangi ruangan itu. Tapi fokusnya di sumbernya dulu.” ujar Sandiaga.

Sebelumnya, masalah bau Kali Item mulai ramai sejak diberitakan oleh media asing. Hal ini pun membuat Pemprov DKI khawatir dengan rencana Asian Games yang akan berlangsung kurang dari tiga minggu lagi.

Sejauh ini Pemprov DKI bekerja sama dengan Dinas Sumber Daya Air, Dinas Lingkungan Hidup, PD Pal Jaya dan Kementrian PUPR lakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah Kali Item.

Upaya tersebut dengan mengalokasikan pompa-pompa air guna mendorong air dari Kali Sentiong menuju Kali Item selanjutnya Kali Sunter dan dibawa ke laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru